Makanan Jawa dibedakan berdasarkan daerahnya. Berikut ini beberapa masakan yang populer di Jawa Tengah yang harus ENDEUSiast coba saat traveling.

Makanan Jawa, terutama Jawa Tengah, memang banyak yang berbeda dengan makanan dari daerah sekitarnya. Karakteristik makanan Jawa Tengah adalah mempunyai rasa yang cenderung manis, gurih, dan tidak pedas. Ada banyak jenis makanan Jawa Tengah dengan nama yang unik dan tentu saja rasa yang lezat. Bila ENDEUSiast sedang berkunjung ke daerah Jawa Tengah, ENDEUSiast bisa mencicipi beberapa makanan khas Jawa tengah berikut ini.

1/ Rondo Royal

Dalam bahasa Jawa, rondo berarti janda. Lalu, apakah rondo royal adalah makanan yang dibuat oleh janda? Oh bukan begitu, rondo royal adalah salah satu makanan dengan bahan dasar tape singkong. Makanan yang berasal dari Jepara ini sebenarnya adalah tape singkong yang digoreng dengan balutan tepung. Biasanya rondo royal bisa ditemukan di penjual gorengan pinggir jalan.

2/ Soto Kudus

Soto adalah salah satu makanan Indonesia yang mempunyai variasi paling banyak. Beberapa daerah mempunyai versi soto masing-masing dan ciri khas berbeda-beda. Di Jawa Tengah ada yang namanya soto kudus . Soto Kudus ini ada dua versi yaitu soto daging sapi dan daging kerbau. Yang unik dari soto kudus adalah penyajiannya dalam mangkuk yang kecil.

3/ Garang Asem

Garang asem adalah salah satu masakan yang khas dari daerah Semarang, Demak, Kudus, Pekalongan, dan Pati, Makanan yang satu ini berbahan dasar ayam yang dimasak dengan santan dan dibungkus dengan daun pisang. Seperti namanya, garang asem ini mempunyai rasa yang asam dan pedas. Biasanya garang asem ini disajikan dengan nasi dan lauk pendamping yang lain seperti perkedel dan tempe goreng. Pasti sedap ya.

4/ Mie Ongklok

Beralih ke daerah Wonosobo, ada kuliner mie ongklok yang dijamin membuat ketagihan. Mie ongklok adalah mie rebus yang diracik dengan daun kucai dan kol. Yang membedakan mie ongklok dengan mie yang lain adalah menggunakan kuah kental karena dicampur dengan kanji. Selain itu, mie ongklok juga disajikan dengan sate sapi, keripik tahu, dan tempe kemul. Nama mie ongklok ini diambil dari anyaman bambu, semacam ongklok, yang digunakan saat merebus mie, sehingga dinamakan mie ongklok.

5/ Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah salah satu makanan Jawa Tengah yang populer. Banyak orang datang ke Semarang hanya untuk mencicipi lezatnya lumpia ini. Yang unik dari lumpia Semarang ini adalah isinya, yaitu campuran rebung, ayam, udang, telur, dan sayuran lain. Selain itu, lumpia Semarang juga menggunakan kulit yang krispi ketika disantap.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.