Yuk, intip beberapa kuliner Indonesia yang membutuhkan waktu cukup lama dalam pembuatannya.

Bulan suci ramadan identik dengan nilai kebaikan, salah satunya bersabar. Di dalam kuliner Indonesia, pedoman ini juga berlaku bagi sebagian orang ataupun pemasak ini dinamakan metode slow cooking.

Metode ini kerap dilakukan untuk memaksimalkan cita rasa bahan dalam proses pemasakannya. Banyak yang masih meyakini jika makanan khas Indonesia memiliki ciri yang khas, karena dimasak dalam waktu yang tidak sebentar. Prinsipnya, jika semakin lama dimasak cita rasa hidangan akan semakin terasa mantap atau ‘mlekoh.

Yuk, intip beberapa kuliner Indonesia yang membutuhkan waktu cukup lama dalam pembuatannya sampai akan dihidangankan.

Rendang

Rendang berasal dari kata ‘merandang’ atau memasak dalam waktu lama. Proses pemasakan seluruh bahan-bahan tersebut, memang memegang peranan penting dalam pembuatan hidangan yang pernah menjadi salah satu kuliner terenak di dunia versi CNN.

Kamu ingin membuat rendang dengan cita rasa sempurna, intip tipsnya di sini !

Gudeg

Sajian khas asal Yogyakarta ini sudah dikenal hampir 500 tahun silam dari dapur rumahan wong cilik. Karena banyaknya tanaman pohon nangka dan pohon kelapa di area saat pembangunan Keraton Mataram, penggabungan dua bahan ini pun lantas menjelma menjadi hidangan gudeg yang kita kenal seperti saat ini. Salah satu penjual gudeg yang belakangan naik daun, yakni Mbah Lindu , penjual gudeg berusia lebih dari 100 tahun, yang diangkat dalam serial Street Food Asia besutan Netflix.

Lemang

Merupakan panganan dari beras ketan yang dicampur dengan santan kelapa. Setelah itu, lemang dimasak dalam bilah bambu yang telah dialasi selembar daun pisang hingga matang. Lemang biasa disantap dengan ketan hitam ataupun bumbu rendang oleh masyarakat Minangkabau.

Rawon

Merupakan makanan khas dari Jawa Timur yang memiliki ciri khas kuah berwarna hitam hasil dari penambahan kluwak. Berisikan potongan daging sapi (biasanya bagian sandung lamur) dengan kuah kaldu pekat, cita rasa rawon akan semakin mantap saat ditambahkan beberapa bahan pelengkap seperti taoge, kerupuk udang, sambal terasi, tempe goreng, dan telur asin.

Dodol

Merupakan panganan manis dari Indonesia yang kerap disajikan saat hari-hari besar masyarakat Betawi ataupun Garut. Bahan utama dodol yang terdiri dari santan kelapa, gula pasir, gula merah, garam, dan tepung ketan ini, lantas dimasak dan diaduk dalam waktu berjam-jam hingga mengental selama kurang lebih 6 jam tanpa henti!

Nah setelah melihat beberapa contoh masakan tersebut, sajian mana yang menurut kamu paling sulit dibuat?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.