Kelezatan nasi goreng tidak perlu dipertanyakan. Namun, tahukah ENDEUSiast fakta-fakta nasi goreng berikut ini?

Kuliner yang satu ini sudah sangat kita kenal. Nasi goreng telah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Untuk mendapatkannya pun tidak susah. Nasi goreng bisa ditemui baik di kaki lima hingga restoran bintang lima. Atau kalau ingin berhemat, kita bisa memasaknya sendiri di rumah. Tidak hanya di Indonesia, nasi goreng mampu menarik hati orang-orang di luar negeri maupun pelancong mancanegara yang datang ke Indonesia. Masakan yang menjadi favorit banyak orang ini ternyata memiliki beberapa fakta yang jarang diketahui orang. Mau tahu? Simak uraian di bawah ini.

1/ Asal Nasi Goreng

Makanan yang disebut-sebut sebagai kuliner khas Indonesia ini ternyata bukan berasal dari Indonesia. Nasi goreng berasal dari Yangzhou, Tiongkok. Nasi goreng ini tercipta karena kebiasaan orang Tiongkok yang tidak mau menyia-nyiakan nasi. Nasi sisa makan diolah dengan bumbu dan daging sisa agar bisa dimasak lagi menjadi hidangan yang lezat.

2/ Usia Nasi Goreng

Nasi goreng sudah ada sejak 4000 SM, wah , sudah tua sekali ya umurnya. Nasi goreng tersebar di seluruh dunia karena pedagang Tiongkok yang berkelana dengan membawa kebiasaan membuat nasi goreng. Beberapa ahli sejarah memperkirakan nasi goreng mulai masuk Nusantara antara abad 10-15 silam. Karena mudah membuatnya dan murah, nasi goreng jadi sangat populer di Nusantara karena mudah dibuat variasinya. Di Indonesia, rasa nasi goreng cenderung manis karena tambahan kecap manis. Berbeda dengan nasi goreng Tiongkok yang memiliki cita rasa asin.

3/ Jenis Nasi Goreng

Karena tersebar bersama dengan pedagang Tiongkok yang berkelana ke seluruh dunia, nasi goreng memiliki versi yang berbeda-beda. Nggak hanya negara-negara di dunia, di Indonesia pun, nasi goreng memiliki banyak versi. BIla berdasarkan isiannya kita bisa menemukan Nasi Goreng Rendang, Nasi Goreng Jeroan, atau Nasi Goreng Gila. Ada juga jenis nasi goreng berdasarkan negara asalnya yang memiliki topping khas, misalnya nasi goreng disajikan dengan nanas khas Thailand, nasi goreng Yangzhouw khas Tiongkok, atau Bokkeumbap nasi goreng kimchi khas Korea Selatan. Menurutmu, nasi goreng apa yang paling enak?

4/ Nasi Goreng Go Internasional

Walau seluruh dunia memiliki nasi goreng versinya sendiri, tapi nasi goreng khas Indonesia-lah yang sering dimasukkan dalam daftar makanan terenak kancah internasional. Berdasarkan poling makanan terlezat di dunia yang dilakukan salah satu kantor berita Amerika Serikat tahun 2017. Nasi Goreng menempati posisi kedua sebagai makanan terlezat di dunia, posisi pertama masih ditempati Rendang. Uniknya nama yang dilampirkan bukan Indonesian fried rice, melainkan Nasi Goreng.

5/ Nasi Goreng Harus Langsung Dihabiskan

Sebaiknya ENDEUSiast langsung menghabiskan nasi goreng sesaat dimasak. Jangan biasakan menyimpan nasi goreng di kulkas untuk memasaknya kembali. Nasi goreng yang dimasak dengan suhu tinggi mengandung zat akrimalid. Jika nasi goreng didiamkan terlalu lama, zat ini akan mengendap dan susah untuk dicerna oleh tubuh.

Nah itu dia beberapa fakta seputar nasi goreng. Mana yang paling mengejutkanmu? Endeus.tv juga punya tips membuat nasi goreng enak dan tidak menggumpal. Cek di sin i, ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.