Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Membuat nasi goreng itu gampang-gampang susah. Ada tips tertentu agar nasi goreng buatanmu lebih enak dan tidak menggumpal. Yuk, kita coba.

Nasi goreng adalah kuliner legendaris khas nusantara. Masakan ini telah menjadi menu sehari-hari masyarakat Indonesia. Saat ENDEUSiast mulai belajar memasak, nasi goreng menjadi salah satu menu yang ingin dicoba untuk dibuat bukan?

Terkadang, saat memasak nasi goreng, terdapat nasi goreng yang menggumpal. Hal ini tentu saja sangat menyebalkan. Nasi yang menggumpal tidak dapat menyerap bumbu dan membuat nasi goreng buatan ENDEUSiast tidak masak merata. Selain itu, penampilang masakan nasi goreng akan menjadi terganggu karena tidak merata.

Ada beberapa tips agar nasi tidak menggumpal saat membuat nasi goreng. Mau tahu? Baca sampai habis, ya,

1. Gunakan beras pera sebagai bahan utama untuk membuat nasi goreng. Ketika ditanak, beras ini tidak akan menggumpal. Jangan menggunakan beras pulen, ya. Memang beras pulen terasa lebih enak ketika disantap. Namun, beras ini tidak cocok digunkan sebagai bahan dasar membuat nasi goreng. Beras pulen lebih lembek daripada beras pera sehingga akan lebih mudah menggumpal.

2. Jangan gunakan nasi yang masih hangat untuk membuat nasi goreng. Nasi yang masih hangat mudah lengket di wajan dan akan susah menyerap bumbu. Selain itu, nasi goreng buatanmu akan lembek. Jika ENDEUSiast baru mengambil nasi dari rice cooker, diamkan sejenak sampai nasi dingin. Denagan menggunakan nasi yang sudah dingin, nasi tidak mudah hancur ketika dimasak.

3. Gunakan teflon anti lengket. Nasi lebih mudah lengket di wajan. Hal ini akan membuat nasi goreng buatanmu gosong. Selain itu, ENDEUSiast akan kesulitan membersihkan wajan. Teflon anti lengket akan memudahkanmu memasak nasi goreng. Dengan menggunakan teflon anti lengket, nasi yang ENDEUSiast masak akan bisa menyerap bumbu-bumbu dengan sempurna.

4. Biasanya kita mencampurkan bumbu, nasi goreng, dan kecap di dalam wajan. Agar mengurangi kemungkinan nasi menggumpal, ENDEUSiast perlu mencampurkan nasi dan kecap terlebih dahulu. Gunakan wadah yang cukup besar untuk mencampurkan kecap dan nasi. Dengan begitu, nasi dapat tercampur rata dengan kecap. Jika rasanya kurang, ENDEUSiast bisa menambahkan kecap lagi saat memasaknya di dalam wajan.

5. Jika ENDEUSiast ingin menambahkan telur dan toping lain, sebaiknya toping dimasukkan paling pertama. Dengan memasukkan toping lebih dulu ketimbang nasi, akan mengurangi kemungkinan nasi akan menggumpal di dasar wajan. Setelah toping setengah matang, baru deh ENDEUSiast bisa memasukkan nasi yang sudah dicampur dengan kecap.

6. Setelah ENDEUSiast memasukkan nasi ke dalam wajan, ENDEUSIast harus mengaduknya dengan cepat. Hal ini berguna agar nasi tidak menggumpal. Aduklah sampai ke dasar wajan agar nasi tidak lengket di dasar wajan.

Nah itu tadi tips dari Endeus.tv untuk ENDEUSiast agar nasi goreng tidak menggumpal. Setelah tahu triknya, ENDEUSiast bisa mencoba langsung mempraktikkannya dengan mencoba resep nasi goreng dari Endeus.tv. Cobain deh resep nasi goreng rendang , nasi goreng cabe hijau , atau nasi goreng kampung pedas . Selamat memasak!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.