Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Raja buah durian merupakan julukan yang pantas diberikan kepada Indonesia karena memiliki beraneka ragam jenis durian.

Indonesia dikenal dengan rajanya durian karena menghasilkan durian yang enak dan berkualitas. Banyak olahan makanan dan minuman yang berasal dari durian misalnya serabi, es krim, martabak dan sebagainya. Mungkin bagi beberapa orang semua jenis durian itu sama atau beberapa orang hanya mengetahui jenis durian itu hanya durian monthong dan petruk saja.

Tahukah ENDEUSiast bahwa ada banyak ragam durian di Indonesia? Indonesia memiliki tanah yang subur membuat beraneka ragam jenis buah yang satu ini tumbuh dengan subur. Bahkan Indonesia menjadi negara yang memiliki ragam durian terbanyak di dunia. Berikut ini adalah ragam durian yang berasal dari Indonesia.

1. Durian Mimang

Durian Mimang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Kulit dari durian ini cukup unik yaitu terkesan kempes. Buah durian memiliki ketebalan buah yang cukup banyak yaitu 2-3 cm dari bijinya. Buah ini memiliki rasa yang manis dan legit. Oleh sebab itu tak heran jika durian minang pernah mendapat juara 2 di kontes durian se Asia Tenggara.

2. Durian Candimulyo

Durian candimulyo juga dikenal dengan nama durian candy. Durian ini berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Yang menjadi kelebihan dari buah durian jenis ini yaitu ukuran buah yang lumayan besar namun bijinya kecil. Akan tetapi buah ini memiliki rasa yang tidak seluruhnya manis karena ada rasa getir atau pahit yang terselip dalam buah durian candimulyo.

3. Durian Matahari

Durian matahari berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat. Jenis durian yang satu ini berbentuk bulat namun sedikit lonjong dan memiliki duri yang besar namun jarang-jarang pada kulitnya. Daging buah durian matahari tebal, kering, berlemak, manis dengan tekstur halus dan aromanya cukup tajam. Akan tetapi buah ini kurang tahan terhadap hama penggerek dan juga penyakit busuk akar.

4. Durian Bawor

Durian bawor berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Durian ini sangat mirip dengan durian montong karena memiliki ciri khas yang sama yaitu daging buah yang tebal dan biji yang kecil. Jika ENDEUSiast tidak benar-benar mengenali durian montong, maka ENDEUSiast bisa keliru mengira durian bawor ini adalah durian montong.

5. Durian Bokor

Durian Bokor berasal dari Sukahaji, Majalengka, Jawa Barat. Durian Bokor memiliki kelebihan dalam budidaya nya yaitu tahan terhadap serangan penyakit busuk akar, akan tetapi tidak kuat akan serangan hama pengerek. Durian Bokor memiliki bentuk bulat panjang berwarna hijau sedikit kekuningan dan duri yang besar namun jarang. Daging buah yang dimiliki durian bokor sedang, tidak terlalu tebal atau tipis. Daging buahnya halus dan tidak berserat. Rasa durian ini sangat manis dan aromanya harum.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.