Durian selain enak dimakan langsung, juga enak untuk diolah menjadi beberapa jenis makanan.

Durian merupakan buah yang unik. Karena buah ini memiliki kulit yang berduri tetapi lembut di dalamnya. Aromanya pun sangat menyengat sehingga buah yang warna kulitnya hijau ini disebut juga sebagai king of fruit atau si raja buah.

Fun fact mengenai buah yang satu ini adalah tidak memiliki masa panen. Karena kapanpun durian bisa panen tanpa hitungan bulan. Jadi nggak perlu khawatir belum musimnya kalo lagi pengen makan durian.

Meski begitu ada juga loh beberapa orang yang nggak suka sama buah ini. Tetapi di artikel kali ini kita akan bahas mengenai makanan yang menggunakan olahan durian sebagai bahan utamanya.

Seperti yang udah dijelasin di atas kalau durian ini merupakan buah yang enak untuk diolah menjadi beberapa makanan. Buat kalian yang suka sama durian, udah coba kuliner olahannya berikut ini?

1. Pancake durian

Pancake durian belakangan ini sedang naik trennya. Karena hal tersebut, pancake durian cukup mudah ditemui di berbagai tempat. Dibuatnya adalah durian yang sudah dibuang bijinya, kemudian dimasukkan ke dalam adonan pancake, lalu ditambahkan dengan krim.

Disajikan ketika dingin semakin membuat pengalaman mengonsumsi durian akan lebih terasa beda lagi. Empuknya kulit pancake, ditambah lembutnya krim serta adonan durian yang melebur menjadi satu di dalam mulut. Siapa coba yang bisa menahannya?

2. Ketan durian

Ketan merupakan salah satu makanan yang cukup menjadi favorit bagi orang Indonesia. Untuk yang suka durian bisa menjadi pengalaman yang berbeda ketika makan ketan dengan topping yang lainnya.

3. Sop durian

Makan durian yang disajikan dingin? Yes please. Apalagi kalau kita makan sop durian dengan tambahan berbagai topping yang kita suka. Seperti misalnya potongan nangka, alpukat, dan lainnya, dijamin mulut kita akan semakin dimanjakan karenanya.

Penjual sop durian udah banyak dan bisa ditemui di beberapa daerah. Harga dan topping yang beragam, menjadikannya pilihan teratas ketika ingin makan camilan dingin yang segar.

4. Es krim durian

Pernah mencobanya? Biasanya dijual dengan gelas plastik polkadot merah di pinggir jalan. Es krim durian biasanya disajikan dengan krimer kental manis rasa cokelat dan meises yang ditaburi di atasnya mampu membuat badan menjadi kembali segar.

Bahkan ada juga yang menjadikan durian utuh sebagai topping- nya. Hal itu yang menjadikan penjual es krim durian tersebut berbeda dari penjual lainnya.

5. Martabak durian

Martabak pasti kalian udah pernah coba. Tapi apa kalian udah pernah coba martabak durian? Biasanya martabak terbagi menjadi dua; martabak manis dan martabak asin (martabak telur). Sekarang ini martabak manis memiliki berbagai kreasi yang baru dan unik, termasuk dengan menambahkan durian.

Diapit dengan adonan martabak di atas dan bawah, durian di tengahnya akan menjadi lebih terasa nikmat ketika menyantapnya.

6. Serabi durian

Pernah mampir ke kedai serabi kekinian? Di tempat tersebut kebanyakan akan menyediakan serabi durian. Merupakan sebuah inovasi dari serabi yang tradisional, digabungkan dengan durian yang kebanyakan disukai oleh masyarakat Indonesia.

Jika nanti mampir ke kedai serabi dan ingin mencoba serabi manis tapi bosan dengan yang biasa dipesan, kita bisa coba yang baru nih untuk mengobati rasa penasaran.

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.