Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Mengajarkan cara memasak bisa menjadi kegiatan pembelajaran yang mendekatkan keluarga. Apa saja yang bisa didapatkan dalam proses ini?

Anak-anak membutuhkan pengalaman dalam proses belajarnya, dan memasak bisa jadi salah satu kegiatan belajar yang mengasyikkan. Untuk para orang tua, tentu kegiatan memasak dengan si kecil bisa jadi ajang berbahaya, namun tentu tidak akan jadi bencana bila anak diajari hal-hal kecil seperti berikut.

1/ Mengenali Bahan Makanan

Memperkenalkan masakan kepada anak tidak akan menjadi sesuatu yang buruk. Anak bisa diajak untuk mengenali jenis-jenis bahan makanan seperti sayuran dan bumbu masakan. Selain itu bisa juga mengajari jenis bahan yang mudah busuk dan yang awet. Selain mengenalkan, anak bisa diajak merasakan tektur bumbu yang ada dan membaui. Tentu dengan pengawasan.

2/ Mengenali Peralatan

Selain bahan, tentu dalam memasak diperlukan alat. Anak bisa diajak untuk mengenali peralatan yang biasa digunakan. Misalnya alat memotong, alat menggoreng, alat merebus, dan sebagainya.

Tentu kurang afdol jika mengenalkan tanpa mempraktikan, maka setelahnya ajak anak untuk menggunakan alat sesuai fungsinya. Untuk memotong, pisau sungguhan bisa diganti dengan pisau mainan yang berbahan plastik sehingga tidak berbahaya. Jangan lupa untuk memberikan pengertian bahwa beberapa benda bisa membahayakan diri sehingga perlu hati-hati.

3/ Praktik Menyiapkan Bahan

Seperti yang dikatakan tadi, kurang rasanya jika kegiatan belajar masak tidak sambil praktek. Maka dari itu sebagai langkah awal, bisa dengan praktik menyiapkan bahan. Ajak si kecil untuk mengambil, lalu membersihkan bahan. Setelahnya, ajak juga ia untuk ikut memotong namun seperti petunjuk sebelumnya, menggunakan pisau mainan.

4/ Praktik Cara Memasak

Tentu setelah menyiapkan, maka bahan harus dimasak. Proses ini dilakukan tergantung menu yang akan ENDEUSiast coba bersama dengan anak. Misalnya menggoreng telur , membuat sop, atau memanggang pizza. Itu sesuai kebutuhan.

Namun disamping proses memasak, ENDEUSiast juga perlu menjelaskan metode memasak lainnya yang tidak digunakan seperti merebus, mengkukus, menumis, dan lainnya.

5/ Menyajikan Makanan

Setelah masakan jadi, maka biarkan si kecil berimajinasi dan berkreasi sesuka hatinya untuk menghias masakan. Ini akan jadi tahap paling menyenangkan karena dirinya bebas menghidangkan makanan sesuai yang diinginkan. Namun tentu perlu arahan-arahan dan pengetahuan, agar ia tahu bagaimana menghias dengan benar dan rapih di piring,

Setelah pelajaran masak ini selesai, bisa menyantap masakan bersama keluarga. Jangan lupa untuk mengapresisasi masakan yang dibuat karena ini akan menambah rasa percaya diri dalam bisang memasak. Selain itu pastikan resep yang akan dicoba bersama memiliki gizi yang tinggi untuk perkembangannya seperti resep ayam atau ikan.

Pada akhirnya selain si kecil dapat belajar, kegiatan masak juga akan mendekatkan ENDEUSiast dengan anak. Kalau begitu, tunggu apalagi?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.