Ada banyak resep masakan berbahan telur yang bisa ENDEUSiast coba di rumah salah satunya adalah membuat sate telur gulung.

Anak-anak yang lahir tahun 90an pasti kenal dengan makanan yang satu ini. Ya, sate telur gulung ini sangat popular pada zamannya di kalangan anak-anak SD. Kita bisa dengan mudah menemukan pedagang sate telur gulung di depan sekolahan. Sayangnya, kini tidak banyak bisa ditemukan pedagang sate telur gulung di depan sekolahan. Tapi jangan khawatir karena ENDEUSiast bisa mencoba membuat sate telur gulung di rumah.

Membuat sate telur gulung sendiri di rumah justru lebih bisa memastikan kebersihannya daripada harus jajan keluar. Bagaimana? Tertarik mencobanya? Mari kita simak resepnya dibawah ini.

Bahan membuat sate telur gulung :

1 batang daun bawang

3 butir telur

5 lembar daun seledri

1 sdt bawang putih bubuk

½ sdt merica bubuk

½ sdt kaldu bubuk

3 sdm air

Garam

Minyak

Tusuk sate

Cara membuat sate telur gulung :

Langkah pertama yang harus ENDEUSiast lakukan dalam membuat sate telur gulung adalah siapkan wadah untuk membuat adonan telurnya. Masukkan telur lalu campurkan dengan air. Untuk memberikan rasa pada telur gulung ini, ENDEUSiast bisa menambahkan garam dan kaldu bubuk yang telah disiapkan sebelumnya. Aduk hingga merata.

Cacah halus daung bawang dan daun seledri, lalu masukkan ke dalam adonan telur. Tambahkan merica bubuk dan kocok hingga semua adonan menyatu. Pastikan bahwa adonan benar-benar tercampur dengan sempurna dan telur menjadi encer seperti air.

Siapkan wajan berisi minyak lalu nyalakan api sedang dan tunggu hingga benar-benar panas.

Masukkan adonan telur ke dalam wajan. Kira-kira 2 sendok atau ENDEUSiast bisa menakarnya sendiri sesuai dengan ketebalan telur gulung yang ENDEUSiast inginkan. Perlu diperhatikan, ketika ENDEUSiast menuang telur ke dalam wajan jangan disamakan dengan telur dadar. Tuanglah dengan gerakan yang memutar agar telurnya bisa merata lalu gulung dengan cepat menggunakan tusuk sate.

Tarik telur ke pinggiran wajan agar tidak mudah lepas. Setelah matang, tiriskan telur gulung tersebut hingga benar-benar tidak ada tersisa minyak di telurnya.

Lakukan cara yang sama pada adonan telur selanjutnya.

Setelah semuanya matang maka telur gulung sudah siap untuk disajikan. ENDEUSiast bisa menambahkan saus atau bubuk cabai sesuai selera bila ingin mendapatkan citra rasa yang pedas.

Mudah kan membuat sate telur gulung? Tidak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Jajanan murah kaya protein ini bisa ENDEUSiast pratekkan dirumah untuk dijadikan sebagai camilan bersama keluarga maupun kerabat sembari bernostalgia. Mau resep berbahan telur lainnya? Bisa kalian cek di sini . Selamat mencoba di rumah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.