Memasak daging tentu memerlukan peralatan khusus. Ini lho 5 alat dapur yang kerap digunakan untuk memasak daging di Asia.

Setiap negara memang mempunyai cara memasak daging yang berbeda serta alat yang digunakan berbeda pula. Alat-alat memasak yang digunakan di Asia untuk memasak daging tentu saja berbeda dengan alat masak yang digunakan di negara Barat. Secara umum, tidak banyak alat yang digunakan untuk memasak daging di Asia. Berikut ini beberapa alat-alat memasak yang banyak digunakan untuk memasak daging di Asia.

1/ Talenan Tebal

Dalam masakan Asia, talenan tebal dan kokoh adalah salah satu alat masak penting. Hal ini karena dalam kuliner Asia, ikan, daging ayam, sapi, dan babi biasa dimasak dengan tulangnya. Sehingga dibutuhkan talenan yang kuat untuk memotong bahan-bahan masakan. Biasanya talenan dibuat dari porongan kayu yang tebal dan kokoh, namun beberapa orang juga menggunakan talenan plastik dengan ketahanan yang sama.

2/ Ulekan

Di negara Asia seperti Indonesia, Thailand, India, dan sekitarnya, ulekan atau alat penghalus bumbu adalah salah satu alat penting untuk memasak daging. Ulekan ini digunakan untuk menghaluskan bumbu dan rempah. Kebanyakan masakan daging membutuhkan bumbu dan rempah yang dihaluskan.

Ulekan yang biasa digunakan adalah model ulekan seperti di Indonesia ataupun tumbukan. Biasanya ulekan dibuat dari bahan batu yang lebih kuat da nada juga yang dibuat dari kayu.

3/ Pisau Berkualitas

Pisau serbaguna yang banyak digunakan untuk negara-negara Asia adalah jenis pisau besar. Bila dilihat sekilas, pisau ini mempunyai ukuran yang serupa padahal sebenarnya tersedia dalam berbagai macam jenis dengan ketebalan mata pisau yang berbeda.

Pisau serbaguna ini biasa digunakan untuk memotong bagian ikan, ayam, daging, dan sebagainya. Bagi beberapa orang, menggunakan pisau serbaguna ini cukup susah karena berat dan juga tajam.

4/ Kukusan

Masakan Asia banyak yang menggunakan kukusan. Di Cina kukusan yang biasanya digunakan adalah model kukusan bamboo atau klakat seperti pada dimsum dan ikan kukus. Kukusan bambu digunakan karena proses kondensasai atau pengembunan yang membuat masakan bisa meresap dengan baik.

Kukusan bamboo ini tersedia dalam berbagi jenis ukuran tergantung dengan kebutuhan memasak.

5/ Wajan

Di setiap dapur pasti ada wajan, namun wajan yang biasa digunakan untuk masakan Asia digunakan untuk hampir semua masakan. Wajan atau wok dalam masakan Asia biasa digunakan untuk menggoreng, merebus, membuat sup, mengukus, dan membuat makanan berkuah.

Berbeda dengan wajan pada umumnya, wok ini berbentuk bundar dengan sisi yang melebar. Agar lebih mudah, wok juga dilengkapi dengan pegangan terbuat dari kayu. Bentuk wajan yang sedemikian rupa membuat panas api lebih merata sehingga memasak daging menjadi sedap dan cepat empuk.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.