Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Minuman teh susu mulai banyak bermunculan di Indonesia. Meskipun sama-sama dibuat dari teh dan susu, namun sebenarnya ada perbedaan.

Sajian teh dengan susu sekarang ini menjadi sebuah tren yang banyak digandrungi terutama dikalangan anak muda. Berawal dari sajian Thai tea hingga bubble tea atau boba. Saking ngetrennya, minuman yang satu ini mudah ditemukan di mall hingga pinggir jalan. Sekilas, minuman trend ini terlihat sama karena bahan dasarnya teh dan susu. Namun bila dilihat dengan lebih teliti, ada yang berbeda dengan sajian teh tersebut.

1/ Thai Tea

Thai tea adalah salah satu sajian teh khas Thailand yang berwarna orange dan mempunyai rasa yang manis. Berbeda dengan teh jenis lain, teh yang digunakan untuk Thai tea hanya menggunakan daun teh yang hanya tumbuh di dataran Thailand.

Selain ditambah dengan susu, Thai tea juga ditambah dengan rempah-rempah seperti daun lawang dan kapulaga. Susu yang digunakan untuk Thai tea adalah susu evaporasi dan susu kental manis serta krimer dan gula.

2/ Teh Tarik

Teh tarik adalah salah satu sajian teh dengan susu, namun yang membedakan teh tarik dengan teh susu biasa adalah proses pembuatannya. Seperti namanya proses pembuatan teh tarik ini dituang dari satu gelas ke gelas yang lain selama berkali-kali. Cara ini membuat teh tarik terlihat seperti sedang ditarik dan menjadi tontonan pembeli.

Teh tarik ini mudah ditemukan di Malaysia dan Indonesia. Rasa teh tarik ini cenderung manis dengan sedikit rasa pahit namun tetap legit. Teh yang digunakan untuk the tarik ini adalah teh hitam sehingga bila dicampur dengan susu warnanya menjadi coklat muda.

3/ Teh Susu

Seperti namanya, teh susu adalah campuran teh dengan susu namun dengan penyajian yang biasa tanpa ditarik-tarik. Sajian teh yang ini memberikan rasa gurih pada teh dan membuat warnanya tidak terlalu pekat. Meskipun lezat, namun sebaiknya teh susu tidak dikonsumsi terlalu sering karena protein pada susu bisa mengikat antioksidan dalam teh. Sehingga penyerapannya menjadi terhambat. Selain itu, penyerapan kalsium pada susu juga akan terhambat karena teh mengandung kafein.

4/ Chai Tea

Chai tea adalah salah satu variasi teh yang populer di India. Sajian teh ini menggunakan campuran rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, kapulaga, lada, dan cengkeh. Bila dikonsumsi chai tea memberikan sensasi hangat dalam tubuh. Minuman yang satu ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat India.

5/ Bubble Tea

Bubble tea adalah salah satu variasi teh yang cukup populer. Sajian teh yang satu ini pada dasarnya adalah teh susu biasa namun diberi tambahan topping bubble atau boba. Boba ini berbentuk bulat kecil dan memberikan sensasi unik ketika disedot. Selain boba, topping bubble tea yang biasa digunakan adalah cincau atau grass jelly.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.