Salad buah adalah salah satu pencuci mulut yang banyak disukai. Rasa buah yang segar dan dressing manis memberikan rasa manis dan segar di mulut.

Salah satu pencuci mulut favorit banyak orang adalah salad buah. Perpaduan aneka buah-buahan segar dan salad dressing membuat makanan yang satu ini menjadi kesukaan banyak orang. Salad buah biasanya disajikan setelah makanan utama yang terasa berat. Selain itu, salad buah juga cocok untuk untuk snack sehat. Isian salad buah bisa bermacam-macam, namun yang membuat salad istimewa adalah dressing atau sausnya. Bahan dasar utama dressing salad buah adalah yogurt (bisa Greek yogurt atau plain yogurt), madu, mayonnaise, dan lemon. Berikut ini beberapa variasi dressing salad buah dengan empat bahan tersebut.

1/ Lemon Madu

Dressing salad tidak harus menggunakan dressing yang creamy. ENDEUSiast bisa menggunakan perpaduan lemon dan madu untuk dressing salad minimalis. Dressing salad ini disebut sebagai glaze dressing dengan cita rasa asam-manis. Air lemon bisa mencegah buah berubah warna menjadi coklat. ENDEUSiast bisa membuat dressing lemon madu ini dengan takaran 3:2, yaitu 3 sdm air lemon dengan 2 sdm madu. Dressing salad ini cocok untuk buah apa saja terutama yang banyak airnya.

2/ Yogurt Madu

Kalau ENDEUSiast lebih suka dressing salad yang creamy tapi tidak ingin menggunakan mayonnaise, ENDEUSiast bisa menggunakan yogurt sebagai alternatifnya. Perbandingan yogurt dan madu bisa disesuaikan selera. Bila ingin dressing creamy, jumlah yogurt bisa ditambah, namun bila suka dressing yang ringan, jumlah madu bisa ditambah. ENDEUSiast bisa menambahkan daun mint agar salad lebih menyegarkan.

3/ Vanilla

Dressing vanilla ini bisa dibuat dari perpaduan empat bahan di atas yaitu mayonnaise, yogurt, madu, dan lemon. Penggunaan vanilla essence membuat salad dressing ini menjadi semakin wangi. Rasa dressing yang asam, manis, dan sedikit gurih ini cocok untuk semua jenis buah. Vanilla dressing ini cocok buat ENDEUSiast yang suka dengan creamy dressing.

4/ Vinaigrette

Vinaigrette adalah salah satu jenis dressing salad yang menggunakan lemon atau cuka dan minyak. Minyak yang digunakan adalah minyak zaitun atau extra virgin olive oil, namun ENDEUSiast juga bisa menggunakan jenis minyak yang lain. Untuk salad buah, ENDEUSiast bisa menggunakan fruit vinaigrette. Dressing vinaigrette ini cocok untuk buah seperti kiwi, raspberry, jeruk bali, blueberry, dan sebagainya. ENDEUSiast bisa membuat fruit vinaigrette dengan perbandingan minyak, cuka, dan buah 2:1:1. Misalnya menggunakan ¼ cup buah, maka ginakan 8 sdm minyak dan 4 sdm cuka atau air lemon. Lalu blender semua bahan hingga halus dan gunakan sebagai dressing salad buah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.