Puding menjadi makanan penutup yang disukai oleh setiap orang. Rasanya yang manis dan segar memang cocok disajikan setelah makan makanan utama.

Siapa yang tidak suka puding. Pasti hampir semua orang menyukai makanan penutup yang satu ini. Apalagi untuk membuat puding tidaklah sulit karena kini ada banyak puding instan yang dijual sachetan di supermarket.

Puding termasuk dalam kategori sajian penutup maka dari itu akan dihidangkan setelah makanan utama. Hanya saja terkadang puding cepat berair sebelum dimakan karena memang pada dasarnya puding memiliki kandungan air yang cukup banyak. Bila terjadi hal seperti ini tentunya akan menurunkan selera makan kita. Maka, untuk membuat puding lebih awet dan tidak mudah berakhir berikut akan dijelaskan beberapa tipsnya.

1/ Kurangi Takaran Air

Bila ENDEUSiast membeli puding instan sachetan yang dijual di supermarket, memang biasanya dibagian belakang sudah tertera berapa takaran air yang diperlukan.

Jika petunjuk menuliskan takaran air yang diperlukan untuk membuat puding sebanyak 500 ml maka sebaiknya dikurangi menjadi 400 ml. tujuannya adalah agar puding tetap kental sehingga lebih awet dan tidak mudah berair ketika disajikan.

2/ Biarkan Puding Dingin Dengan Sendiri

Setelah puding diangkat dari kompor, jangan langsung diletakkan di kulkas. Diamkan terlebih dahulu hingga puding dingin dengan sendirinya. Bila ENDEUSiast menaruh puding dalam keadaan masih panas maka akan berakibat permukaan puding menjadi berair yang berasal dari uap panas pada puding itu sendiri dan juga dari udara kulkas akibat perubahan suhu yang mendadak.

3/ Sajikan Puding yang Fresh

Ketika hendak menyajikan puding sebagai hidangan jamuan, pastikan pudingnya dalam keadaan fresh. Cara agar puding tetap fresh adalah setidaknya membuat 3 jam sebelum disajikan. Bila ENDEUSiast ingin dimasukkan ke kulkas maka buatlah beberapa jam lebih lama sebelum disajikan karena untuk menjadikan puding terasa dingin membutuhkan proses pendinginan yang cukup lama.

Namun, hindari juga untuk menyimpan puding terlalu lama di kulkas. Untuk proses pendinginan puding bisa berlangsung sekitar 2 hingga 3 jam. Menyantap puding memang lebih enak pada saat dalam keadaan dingin karena akan mendapatkan sensasi yang menyegarkan, apalagi bila disajikan ketika siang hari.

Namun, perlu diingat bahwa menyimpan puding selama berhari-hari juga dapat membuat puding mencair. Jadi sebaiknya setelah disimpan di kulkas beberapa jam segeralah dikonsumsi agar puding tidak mencair.

Demikianlah tips membuat puding yang awet dan tidak mencair. Untuk kreasi puding bisa ENDEUSiast lihat di sini . ENDEUSiast bisa langsung mempratekkannya dirumah. Jangan lupa memperhatikan beberapa tips yang telah dijelaskan diatas agar dapat menghasilkan puding yang kenyal, awet dan tidak mudah berair. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, selamat mencobanya di rumah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.