Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Buka puasa kurang nikmat tanpa sambal. Simak bagaimana tips menggoreng cabai agar tidak meletus saat membuat sambal.

Bagi sebagian orang, makan tanpa sambal terasa kurang pas. Bahkan untuk sajian buka puasa, sambal termasuk salah satu makanan yang tidak boleh absen dari meja makan. Di Indonesia, ada banyak jenis sambal namun salah satu dilema membuat sambal adalah cabai yang “meletus” ketika digoreng. Hal ini membuat minyak terciprat kemana-mana dan membuat dapur menjadi berantakan. Berikut ini adalah beberapa cara mudah menggoreng cabai agar tidak meletus.

1. Cabai sudah kering

Sebelum dimasak cabai harus dicuci terlebih dahulu, namun sebelum digoreng pastikan cabai sudah kering atau tiris. Air yang tersisa pada permukaan cabai akan menyebabkan letusan ketika bersentuhan dengan minyak panas. Kita bisa mengeringkan cabai dengan menggunakan tisu dapur.

2. Belah cabai terlebih dahulu

Ketika dalam keadaan utuh, cabai mempunyai kandungan udara. Kalau terkena minyak panas, cabai akan meletus karena udara di dalamnya menguap. Untuk mencegah cabai meletus, iris atau belah terlebih dahulu cabai menjadi dua atau tiga bagian. Agar cabai tidak menyerap minyak berlebih, kita bisa mengiris cabai secara vertikal tanpa terputus.

3. Tumis dengan api kecil

Menumis atau menggoreng cabai sebaiknya juga menggunakan api yang cenderung kecil. Api kecil akan membuat suhu minyak tetap stabil, tidak terlalu panas sehingga cabai tidak meletus ketika digoreng. Selain itu, api kecil juga akan membuat cabai matang dengan merata namun tidak mudah gosong.

4. Gunakan sedikit minyak

Berbeda dengan menggoreng makanan lain, menggoreng cabai sebaiknya menggunakan minyak yang sedikit. Gunakan sekitar 5sdm minyak ketika menggoreng cabai dan 2sdm minyak bila anda ingin menumis cabai. Menggunakan minyak yang sedikit juga mencegah cabai “meletus” ketika digoreng dan minyak menjadi tercecer. Selain itu, terlalu banyak menggunakan minyak ketika menggoreng cabai juga mubazir karena setelahnya minyak nggak bisa digunakan lagi karena rasanya menjadi pedas.

5. Gunakan penutup wajan

Bila hendak membuat sambal dalam jumlah banyak, kita bisa menggunakan penutup wajan untuk mencegah cabai “meletus.” Mengiris cabai satu persatu tentu nggak efisien karena membutuhkan waktu yang lama. Cukup sayat permukaan cabai dengan pisau kemudian goreng sekaligus dalam minyak yang panas sedang. Gunakan penutup wajan untuk mencegah cabai meletus dan minyak tercecer kemana-mana. Selain itu, gunakan juga api yang cenderung kecil agar cabai bisa matang merata dan tidak gosong.

Membuat sambal memang perkara mudah. Hampir semua orang bisa membuat sambal namun menggoreng cabai menjadi satu hal yang menyeramkan. Dengan beberapa cara di atas, menggoreng cabai bisa lebih mudah dan tidak “meletus.”

Home
Pencarian
Profil
Lainnya