Pisau memiliki kegunaan untuk memotong bahan masakan. Bagi orang yang awam dengan pisau, dibutuhkan beberapa tips dalam memilih pisau yang bagus.

Kegiatan memasak tidak lepas dengan pisau. Hampir semua proses memasak pasti membutuhkan pisau untuk memotong bahan masakan. jika dilihat mungkin semua jenis pisau terlihat sama dan tentunya tajam. Bagi orang awam mungkin akan merasa kesulitan untuk menentukan jenis pisau yang dibutuhkan. Tetapi jangan khawatir, karena pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana tips dan trick memilih pisau yang tepat sesuai dengan kebutuhan memasak.

1/ Bahan Pisau

Hal pertama yang harus ENDEUSiast perhatikan dalam memilih pisau adalah bahan yang digunakan pisau tersebut. Setiap jenis pisau dapur memiliki karakteristik yang berbeda-beda tergantung dari bahan yang digunakan dan itu akan berpengaruh terhadap tingkat ketajaman dan cara merawatnya. Untuk jenis pisau yang bagus digunakan di dapur adalah yang terbuat dari bahan stainless steel atau karbon. Kedua bahan tersebut terkenal awet dan tidak mudah berkarat. Perawatannya pun jauh lebih mudah bila dibanding jenis pisau lainnya.

2/ Mencoba Terlebih Dahulu

Sebelum membeli pisau, ENDEUSiast harus mencobanya terlebih dahulu. Mulai dari tingkat ketajamannya, ukuran dan beratnya. Tidak perlu mencoba di bahan masakan, ENDEUSiast bisa gunakan kertas lalu potong menggunakan pisau. Bila kertas terbelah dengan rapih maka artinya pisau tersebut tajam. Sesuaikan juga genggaman tanganmu, jangan terlalu berat karena justru akan membuat ENDEUSiast kesulitan dan tidak stabil ketika memotong. Ukuran dari pisau juga bisa menjadi pertimbangan, bisa ENDEUSiast sesuaikan dengan kebutuhan di dapur.

3/ Membeli Satu Set Pisau

Bila ingin lebih praktis lagi, ENDEUSiast bisa membeli satu set pisau. Pada satu set pisau terdiri dari beberapa jenis pisau yang bisa dicocokkan sesuai dengan kebutuhan memasakmu. Jadi ENDEUSiast tidak perlu repot lagi mencari pisau mana yang cocok, tinggal sesuaikan saja semisal ENDEUSiast hendak memasak sup ayam , maka pilih pisau yang pas digunakan untuk memotong sayuran dan ayam contohnya adalah chef’s knife. Pisau yang satu ini menjadi pisau serbaguna karena bisa digunakan untuk memotong bahan makanan apa saja. Sangat mudah menemukan jenis pisau yang satu ini karena banyak dijual di pasaran. Chef’s knife juga bisa digunakan untuk memotong daging atau tulang keras sekalipun membutuhkan tenaga pada saat memotongnya.

Itulah tips yang diberikan kepada orang awam atau pemula mengenai pemilihan pisau untuk kebutuhan dapur. ENDEUSiast juga harus paham mengenai jenis pisau yang banyak digunakan pada rumah tangga. Jadi pada saat membelinya ENDEUSiast tidak kebingungan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi yang hendak membeli pisau.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.