Tips Memilih Daging Rendang yang Tepat
Tips Memilih Daging Rendang yang Tepat

ENDEUSiast harus bisa memilih daging yang tepat agar bisa menghasilkan rendang yang lezat.

Ingin masak rendang? ENDEUSiast harus bisa memilih daging yang tepat agar bisa menghasilkan rendang yang lezat.

Salah satu masakan padang yang terkenal kelezatannya bahkan hingga ke mancanegara adalah rendang. Banyak orang yang menyukai masakan padang karena bumbu rempahnya yang terasa dan memiliki cita rasa pedas. ENDEUSiast bahkan bisa membuat sendiri dirumah.

Di pasar tradisional maupun pasar swalayan banyak yang menjual daging dengan berbagai jenis. Daging yang digunakan untuk memasak rendang pun tentu memiliki kriteria khusus. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tips di bawah ini dalam memilih daging rendang yang tepat.

1/ Aroma Daging

Daging yang masih segar biasanya memiliki aroma khas daging. Tetapi bila ENDEUSiast mencium aroma busuk disertai bau amonia yang menyengat, jangan dipilih karena sudah pasti dagingnya sudah tidak segar. Apalagi bila permukaan dagingnya terdapat bintik-bintik putih. Itu menandakan bahwa daging tidak disimpan dengan baik dan benar.

2/ Warna Daging

Tingkat kesegaran daging bisa kita lihat dari warnanya. Semakin merah warnanya maka semakin segar pula dagingnya. Bisa juga memilih daging yang merah kecoklatan. Warna tersebut bukan berarti dagingnya sudah tidak segar lagi, melainkan sudah melewati proses pembekuan maupun telah terpapar oleh suhu ruangan lebih dari 30 menit.

ENDEUSiast perlu curiga bila menemukan daging yang berwarna merah tidak biasa. Merahnya bukanlah nampak seperti merah darah tetapi terlalu pekat. Itu bisa jadi ulah pedagang nakal yang memproses daging menggunakan bahan karbonmonoksida. Hal tersebut bertujuan untuk mencerahkan kembali warna daging yang sudah tidak segar.

3/ Memilih Bagian Daging

Setiap bagian dari daging sapi memiliki tekstur dan rasa yang berbeda-beda. Hasil olahan dari setiap bagian daging sapi juga berbeda. Tidak heran bila setiap bagian daging sapi memiliki harga yang berbeda. Untuk masakan rendang pilihlah daging sapi bagian paha belakang bagian bawah. Bagian daging yang satu ini teksturnya padat serta tidak terlalu banyak lemak. Jadi sangat pas dijadikan sebagai bahan olahan rendang maupun masakan lainnya seperti dendeng sambal lado .

4/ Potongan Daging

Ketika kita membeli daging, biasanya penjual akan memotongkan dagingnya sesuai dengan ukuran yang diperlukan untuk rendang. Tetapi, bila ENDEUSiast hendak memotongnya dirumah maka potong sedikit tebal dan agak miring mengikuti serat dagingnya. Ketika dimasak, daging akan menyusut karena proses masak yang cukup lama. Jangan potong terlalu kecil nanti akan membuat daging mudah hancur ketika dimasak.

Itulah tips dalam memilih daging rendang yang tepat. Sangat mudah bukan? Pemilihan daging yang tepat tentu akan berpengaruh pada kelezatan dari rendang tersebut. Jadi jangan sampai salah memilihnya daging ya!

Endeustorial

Ikuti Instagram