Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Bingung membedakan buah alpukat yang sudah matang atau belum? Yuk simak tips memilih buah alpukat.

Buah alpukat adalah buah yang memiliki banyak manfaat dan rasanya yang lezat. Oleh sebab itu, banyak yang mengolah buah ini menjadi berbagai minuman dan makanan seperti puding alpukat cokelat , es teler dan sebagainya. Untuk membuat makanan dan minuman tersebut kita membutuhkan alpukat yang sudah matang. Berikut adalah tips memilih buah alpukat yang sudah matang.

1.

Perhatikan Warna Buah

Hal yang paling mudah dikenali apakah buah sudah matang atau masih mentah adalah kulit buah. Jangan memilih buah alpukat yang memiliki warna kulit yang hijau karena itu berarti buah alpukat masih muda. Sebaiknya ENDEUSiast memilih alpukat yang memiliki warna kulit ungu cerah dan mengkilap. Jangan pilih alpukat dengan warna kulit ungu gelap dan kusam karena itu berarti alpukat terlalu matang.

Memilih alpukat yang sudah matang memang sulit karena alpukat memang dipetik ketika alpukat belum matang. Sehingga proses pematangan buah alpukat adalah saat setelah dipetik. Jika ENDEUSiast membeli alpukat untuk langsung dimakan maka pilihlah yang sudah matang. Jika ENDEUSiast ingin menyimpannya dahulu, maka pilihlah yang belum matang.

1.

Perhatikan Tekstur Buah Alpukat

Cara mudah selanjutnya yang dapat ENDEUSiast lakukan untuk memilih alpukat yang matang adalah dengan mengetahui tekstur daging buah alpukat. Buah alpukat yang sudah matang memiliki tekstur yang empuk, tidak keras ataupun lembek. Jika alpukat memiliki tekstur buah yang keras, maka alpukat tersebut belum matang. Jika alpukat memiliki tekstur daging buah yang lembek, maka alpukat terlalu matang.

Untuk mengetahui tekstur buah alpukat ENDEUSiast cukup menekan alpukat. Menekan alpukat yang benar bukan dengan menggunakan satu jari melainkan menggunakan seluruh jari. Menekan alpukat menggunakan semua jari dapat membantu ENDEUSiast menghemat waktu karena seluruh bagian alpukat bisa ENDEUSiast tekan dalam waktu yang bersamaan.

1.

Perhatikan Tangkai Buah Alpukat

Jika masih ada tangkai pada buah alpukat, maka petiklah tangkai tersebut untuk memastikan alpukat telah matang atau masih mentah. Sebenarnya bukan tangkai buah yang menjadi indikator namun lubang bekas yang ditinggal dari memetik tangkai. Lubang yang berwarna hijau adalah tanda bahwa alpukat sudah matang sempurna. Jika lubang berwarna cokelat muda, maka alpukat masih mentah dan jika lubang berwarna cokelat tua, maka buah alpukat terlalu matang.

1.

Kupas Kulit Buah Alpukat

Mengupas kulit buah untuk mengetahui apakah alpukat sudah matang apa belum mungkin merupakan cara yang sulit dilakukan, apalagi saat ENDEUSiast sedang memilih alpukat di toko buah atau swalayan. Tidak semua toko buah atau swalayan mengizinkan pembeli untuk mengupas kulit alpukat. Jika toko buah atau swalayan mengizinkannya, maka itu merupakan sebuah keuntungan bagi ENDEUSiast. Buah alpukat yang sudah matang, kulitnya akan mudah dikupas. Sebaliknya, buah alpukat yang masih mentah, kulitnya akan susah dikupas.

Nah, itulah tips bagaimana cara memilih buah alpukat yang matang. Sebelum beli, pastikan buah alpukat sudah matang dulu, ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya