Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Sambal memang erat dengan orang Indonesia. Salah satunya sambal terasi. Apabila diolaha dengan tepat, sambal jenis ini akan terasa lezat!

Masakan nusantara cukup beragam dan dari sekian banyak masakan ada sambal yang tidak boleh dilewatkan bagi orang Indonesia. Sambal sering disajikan sebagai teman makan sehari-hari. Bahkan hampir di semua restoran yang menyajikan masakan nusantara ini juga turut menyediakan menu sambal.

Dari sekian banyak sambal khas Indonesia ada salah satu yang menjadi favorit yaitu sambal terasi. Sesuai dengan namanya, sambal tersebut menggunakan terasi sebagai bahan tambahannya. Meskipun cara pembuatannya terkesan sederhana tetapi ENDEUSiast harus pintar dalam mengolahnya agar bisa mendapatkan sambal terasi yang sedap dengan aroma khas dari terasinya. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan cara membuat sambal terasi yang sedap.

Cabai

Cabai menjadi bahan utama dalam pembuatan sambal. Tanpa cabai tentu sambal tidak akan terasa pedas sama sekali. Untuk bisa membuat sambal terasi yang sedap, ENDEUSiast harus bisa memilih jenis cabai segar karena memiliki banyak kandungan airnya. Bila memilih cabai yang sudah kering tentu kualitasnya tidak bagus dan bisa menimbulkan bau asam yang menyengat.

Untuk mendapatkan rasa pedas yang menyengat, ENDEUSiast bisa mengkombinasikan antara cabai merah keriting dan cabai rawit secukupnya. Tetapi bila tidak mau terlalu pedas, ENDEUSiast bisa mensiasatinya dengan membuang biji yang ada di dalam cabai. Buang juga tangkai pada cabainya dan cuci hingga bersih.

Terasi

Bahan kedua yang dibutuhkan adalah terasi. Bukan sambal terasi namanya bila tidak menggunakan terasi dalam sambalnya. Tidak hanya cabai yang harus dipilih berdasarkan kualitasnya, terasi pun juga begitu. Pilihlah terasi dari Bangka, Lombok atau Sidoarjo. Ketiga daerah tersebut terkenal dengan terasinya yang memiliki kualitas bagus.

Sebelum diulek bersama cabai, bakar terasi terlebih dahulu di atas api hingga tercium aroma khasnya. Ciri terasi yang memiliki kualitas bagus adalah aromanya seperti seafood dan setelah dibakar atau dimasak teksturnya akan terurai dan menjadi lunak.

Cobek

Sambal akan terasa sedap bila diulek menggunakan cobek bukan dengan cara diblender. Jika menggunakan blender, cabai hanya tercincang halus saja tetapi tidak sampai mengeluarkan jus cabainya. Padahal jus cabai ini berperan penting untuk membuat sambal menjadi sedap.

ENDEUSiast bisa menggunakan cobek jenis apapun baik itu dari batu, kayu maupun tanah liat. Pilih cobek yang bentuknya cekung dengan bidang ulekannya yang stabil agar ENDEUSiast bisa menguleknya dengan maksimal.

Mudah kan untuk membuat sambal terasi yang sedap? ENDEUSiast juga bisa menambahkan air perasan jeruk nipis di atas sambal terasinya sehingga lebih terasa segar dan sedap.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.