Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Salah satu jenis saus yang paling terkenal adalah saus lada hitam dengan rasa pedasnya yang kuat. Pastikan ENDEUSiast sudah memahami bagaimana caranya

Ada banyak masakan Indonesia yang menggunakan saus disetiap masakannya, salah satunya adalah dengan saus lada hitam. Biasanya jenis saus ini digunakan pada restoran oriental. Saus lada hitam terkenal dengan aroma yang kuat serta rasanya yang pedas dipadukan rasa gurih menjadikan setiap masakan terasa lezat.

Apakah bisa membuat saus lada hitam sendiri dirumah tetapi rasanya seenak restoran? Jawabannya tentu bisa. Bahan yang digunakan pun tidak sulit dan mudah dicari di pasar tradisional maupun swalayan. Bagi ENDEUSiast yang tertarik untuk membuat saus lada hitam, berikut akan diberikan tipsnya.

Membuat Bumbu Dasar

Cara pertama yang harus dilakukan untuk membuat saus lada hitam adalah dengan menumis bawang bombay. Aroma bawang bombay yang gurih manis ini digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan saus. Gunakan margarin agar aromanya lebih harum.

Selain margarin, gunakan juga paprika untuk menghasilkan aroma harum yang kuat pada tumisan. ENDEUSiast bisa menggunakan jenis paprika hijau atau merah sesuai selera. Setelah itu potong paprika dengan bentuk memanjang atau dadu lalu campurkan bersama dengan bawang bombay dan tumis kedua bahan tersebut bersamaan hingga matang.

Membuat Saus

Setelah tumisan matang, masukkanlah saus tiram, garam dan air kaldu secukupnya. Aduk semua bahan hingga tercampur merata dan tunggu hingga mendidih. Gunakan api kecil agar hasilnya lebih lezat. Ketiga bahan tersebut bisa menjadikan saus lada tiram terasa gurih dan memiliki tekstur yang lembut.

Kunci utama kelezatan saus ini adalah menggunakan jenis lada hitam yang berkualitas. Bila ENDEUSiast ingin kelezatan saus lada hitam setara dengan restoran maka pilihlah lada hitam butir bukan yang bubuk. Untuk membuatnya, Ulek lada hitam secara kasar menggunakan ulekan lalu campurkan bersama dengan bahan saus tadi.

Mengentalkan Saus

Untuk membuat saus menjadi kental maka ENDEUSiast perlu tepung maizena. Larutkan tepung maizena dengan air secukupnya. Lalu campurkan larutan tepung maizena ke dalam adonan saus, aduk hingga semua bahan tercampur merata dan mengental. Jika ENDEUSiast merasa sausnya kurang kental maka bisa menambahkan lagi larutan tepung maizenanya. Tetapi sedikit saja ya, karena kalau kebanykan takutnya justru menjadi sangat kenyal.

Saus lada hitam pun siap dicampurkan ke dalam aneka masakan. Salah satunya adalah tumis daging sapi lada hitam . ENDEUSiast hanya perlu menuangkan sausnya diatas masakan. sangat praktis, kan? Kini ENDEUSiast sudah bisa membuat saus lada hitam yang lezatnya tidak kalah dengan yang ada di restoran. Selamat mencobanya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.