Lontong biasanya disajikan pada acara-acara spesial, seperti ketika Hari Raya Lebaran.

Lebaran menjadi salah satu momen untuk bisa menikmati makanan sepuasnya setelah 1 bulan menahan lapar dan haus. Makanan identik yang harus ada ketika lebaran adalah lontong.

Lontong merupakan makanan berbentuk panjang bulat yang terbuat dari beras yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu dimasak hingga padat dan tanak. Sebenarnya sebagian besar daerah di Indonesia memiliki varian lontong. Khusus di Jawa lebih dikenal dengan sebutan lontong atau arem-arem.

Bagi ENDEUSiast yang ingin membuat lontong untuk lebaran nanti, berikut akan diberikan tips bagaimana cara membuat lontong anti gagal yang bisa ENDEUSiast tiru di rumah.

Membuat lontong membutuhkan waktu yang cukup lama maka dari itu tidak bisa terburu-buru. Ada dua cara yang bisa ENDEUSiast pilih, mau mengaron beras terlebih dahulu atau langsung menggunakan beras mentah. Bagi ENDEUSiast yang pertama kali membuat lontong, mungkin mengaron beras terlebih dahulu bisa menjadi pilihan tepat. Namun, pastikan bahwa takaran antara beras dan air harus pas karena bila kelebihan air maka akan jadi lembek.

Perbandingan yang bisa ENDEUSiast gunakan untuk mengukur beras dan air adalah 1 : 2. Artinya bila ENDEUSiast menggunakan 100 gram beras maka air yang digunakan adalah 200 ml.

Pemilihan beras juga tidak bisa sembarang. Jika ENDEUSiast salah memilih beras hasilnya tidak akan pulen. Jangan pilih beras pera karena hasil akhirnya akan keras. Sebaiknya pilihlah beras yang pulen sehingga beras bisa menyerap air dengan maksimal.

Tips selanjutnya agar membuat lontong tidak gagal adalah pada saat mengisi beras kedalam cetakan lontong jangan terlalu penuh. Bila cetakan diisi sampai penuh maka hasilnya gagal, lontong akan menjadi keras. Sebaiknya masukkan beras sekitar ¾ dari cetakan lontong sehingga masih ada sisa tempat kosong di bagian ujung. Beras pun bisa matang dengan sempurna dan akan menjadi lontong yang pulen.

Gunakanlah panci resto untuk mempersingkat waktu memasak lontong. Gagalnya membuat lontong juga bisa karena kurangnya air. Jadi pastikan air pada panci masih tetap penuh ketika sedang memasak lontong.

Jika sekiranya air sudah mulai berkurang maka segeralah untuk mengisinya lagi agar tidak kehabisan. Bila lontong tidak terendam air penuh maka hasilnya akan gagal, lontong tidak bisa matang dengan sempurna. Tapi yang perlu diingat adalah air yang digunakan adalah air hangat sehingga suhu dalam panci tidak berubah.

Itulah beberapa hal yang harus ENDEUSiast perhatikan dalam membuat lontong anti gagal. Pastikan mengikuti tipsnya dengan benar karena jika tidak, lontong yang ENDEUSiast buat akan gagal dan tidak pulen. Untuk makanan pendamping lontong bisa opor ayam . Makanan yang satu ini sudah tidak dipisahkan lagi ketika lebaran. Selamat membuat lontong di rumah, semoga berhasil.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.