Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Mengupas kulit udang membutuhkan teknik khusus agar daging udang tidak ikut tertarik dan tidak memengaruhi tampilan udang.

Udang menjadi pilihan bahan seafood alternatif bagi kita yang tidak ingin mengeluarkan banyak effort ketika masak di dapur. Jenis seafood yang satu ini sangat mudah ditemui di pasaran dan harganya pun relatif terjangkau.

Rasa dari udang juga sudah nikmat meskipun hanya diolah dengan cara digoreng maupun direbus sebentar saja. Apalagi bila kita bisa mengolah udang dengan tambahan bumbu dan rempah pilihan, dijamin rasanya akan semakin nikmat. Tekstur dagingnya yang lembut dengan rasa gurih dan cenderung manis sangat cocok diolah menjadi menu apapun seperti masakan tumis brokoli udang .

Dalam mengolah udang juga tergantung dari selera masing-masing. Ada yang suka makan udang bersamaan dengan kulitnya, ada juga yang mengupas kulit udang dan menjadikannya sebagai bahan kaldu. Kulit udang memang bisa digunakan sebagai kaldu karena memiliki aroma dan rasa khas. Namun ada juga yang memilih untuk membuang kulit lunak dari udang tersebut.

Dalam mengupas kulit udang ternyata nggak semudah yang dilihat. Kita harus mengetahui beberapa tips khusus agar daging udang tetap utuh dan tidak memengaruhi tampilan udang. Mari simak caranya di bawah ini!

1. Menarik Kulit Udang

Bila kita nggak mau menggunakan alat apapun maka cara yang paling mudah untuk mengupas kulit udang adalah dengan menarik kulitnya. Sebelum ditarik, pastikan posisi udang sudah tepat dengan menghadap ke arahmu. Lalu tarik kulit udang secara perlahan agar bagian daging udang tidak ikut tertarik. Cara ini juga mensiasati agar seluruh kulit udang bisa terlepas hanya dalam satu tarikan.

2. Mengiris Kulit Udang

Ada sebagian orang yang memilih membuang kepala udang ketika memasak. Namun jika kita hendak memasak udang secara utuh tanpa membuang kepalanya maka cara yang satu ini bisa diterapkan.

Caranya adalah dengan mengiris kulit udang di bagian tengah punggungnya. Kupas kulitnya secara perlahan dan jangan terlalu dalam agar bagian dagingnya tidak ikut terpotong. Setelah selesai, bersihkan kotoran berbentuk benang kehitaman yang menempel di bagian punggung udang. Udang pun siap diolah.

3. Menggunakan Gunting

Jika cara di atas mengupas kulit udang tanpa menghilangkan kepalanya, untuk tips yang satu ini berbeda. kita bisa menggunakan alat bantuan seperti gunting untuk mengupas kulit dan memotong kepala udang, jika memang tidak mau digunakan.

Caranya adalah dengan menggunting kulit udang mulai dari bagian tengah punggung sampai ke ekor. Setelah selesai kita bisa mengupasnya ke arah luar. Hasilnya, kulit udang akan terlepas tanpa merusak bagian dagingnya. Disarankan untuk menggunakan gunting kecil tajam untuk mempermudah proses pengupasan.

Itulah beberapa tips cepat dan mudah untuk mengupas kulit udang yang bisa kita praktikkan di rumah. Semoga berhasil!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya