Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Dari sekian banyak bakmi yang ada, bakmi jawa adalah yang terlezat. Karena rasa manis yang berasal dari kecap yang legit, gurih dan sedap.

Makan bakmi Jawa di malam hari sepertinya akan terasa enak apalagi bila cuaca sedang dingin, shingga tubuh menjadi hangat. Bakmi jawa sudah terkenal kelezatannya, rasa manis dari kecap yang dituang pada proses pemasakan membuat Bakmi Jawa makin istimewa.

Membuat bakmi Jawa sendiri dirumah sebenarnya gampang, tetapi ada saja yang mengatakan bahwa sangat sulit untuk meratakan kecap pada saat bakmi dimasak. Agar tidak selalu salah, simak tips memasak bakmi jawa agar kecap dapat tercampur rata.

1/ Pemilihan Mie

Hal yang satu ini mungkin terkesan sepele tetapi menjadi poin penting. Jika ENDEUSiast hendak membuat bakmi jawa, sebaiknya dinginkan terlebih dahulu mienya. Mie memiliki tekstur yang kenyal dan bila berada dalam suhu panas akan cepat lembek dan akan membuat ENDEUSiast susah untuk meratakan kecap pada masakan tersebut. Jika ingin mendapatkan hasil yang sempurna, ENDEUSiast bisa memasukkan mie ke dalam kulkas selama beberapa saat agar benar-benar dingin.

2/ Menggunakan Wajan Besar

Pemilihan alat masak juga akan berpengaruh pada hasil masakan bakmi jawa yang ENDEUSiast buat. Gunakanlah wajan yang berukuran besar untuk mempermudah pada saat proses pengadukan mie. Sesuaikan juga antara porsi mie dan ukuran wajan yang dipakai. Bila porsi mie terlalu banyak sedangkan wajan yang digunakan kecil, maka akan membuat ENDEUSiast kesulitan pada saat meratakan kecapnya. Hasilnya, kecap pun tidak bisa rata keseluruh bakmi. Bisa ENDEUSiast lihat pedagang bakmi yang dipinggir jalan, hampir semuanya menggunakan wajan besar meskipun bakmi yang dibuat hanya sedikit. Sehingga masakannya menjadi lebih enak, tidak lembek dan kecap pun bisa rata sempurna.

3/ Mengatur Api Kompor

Bila ENDEUSiast masak secara terburu-buru maka secara tidak sadar kecap yang dituang hanya berada disatu titik bagian mie, sehingga akan sulit meratakannya karena kecap akan lebih banyak di titik bagian mie tersebut. Maka cara yang tepat agar kecap merata sempurna adalah dengan menuangkan kecap secara memutar sembari diaduk agar bakmi jawa tidak gosong dan lengket dibagian bawahnya.

Pada saat meratakan kecap di bakmi, ENDEUSiast harus mengatur api kompor. Kecilkan sebentar lalu ratakan kecap ke seluruh bakmi. Setelah itu ENDEUSiast bisa membesarkan apinya lagi, tetapi jangan terlalu besar supaya tidak gosong. Jika sudah matang, bakmi jawa siap dimakan selagi masih panas.

Kini permasalahan kecap yang tidak merata pada bakmi jawa sudah terselesaikan. Tips diatas juga bisa ENDEUSiast terapkan pada saat membuat nasi goreng. ENDEUSiast tinggal mengikuti langkah-langkah diatas agar kecap merata sempurna.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.