Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Masakan Indonesia akan terasa rasa dan aroma rempahnya apabila bisa diolah dengan benar. Perhatikanlah tipsnya!

Indonesia memiliki kekayaan bumbu dan rempah yang beragam. Inilah yang menjadi salah satu ciri khas dari masakan Indonesia yang selalu kaya akan rasa. Setiap masakan memiliki citarasa dan aroma yang berbeda dengan masakan lainnya.

Dalam mengolah bumbu dan rempah pada masakan harus memiliki cara khusus karena setiap bahan memiliki perlakukan yang berbeda pula. Hal inilah yang nantinya akan menentukan citarasa dan aroma yang kuat pada masakan. Jika salah dalam mengolahnya maka bisa saja aroma dan rasanya nggak keluar dan bahkan nggak bisa menyatu ke masakan.

Untuk menghindari hal tersebut, mari simak tips tepat dalam mengolah bumbu dan rempah agar menghasilkan rasa dan aroma yang kuat.

1. Disangrai (ketumbar, kemiri, lada)

Untuk bisa menghasilkan aroma yang sedap maka rempah seperti ketumbar, kemiri dan lada harus disangrai terlebih dahulu. Rasa dan aroma dari rempah-rempah tersebut nggak akan keluar bila hanya diolah secara mentah.

Cara menyangrai rempah-rempah tersebut cukup mudah, kita hanya perlu mengaduk seluruh rempah dengan api kecil agar bisa matang merata dan berwarna kecokelatan. Setelah itu kita bisa menyimpannya di wadah kedap udara agar tetap awet.

2. Dimemarkan (lengkuas, jahe, daun serai)

Berbeda lagi dengan bumbu dengan akar rimpang seperti lengkuas, jahe mau pun daun serai harus dimemarkan terlebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam masakan. Cara ini bisa membuat rasa dan aroma dari bumbu rimpang tersebut keluar dan menyerap sempurna ke dalam masakan.

Caranya, kita hanya perlu menumbuk rimpang tersebut menggunakan ulekan. Cara lainnya bisa dengan diparut. Namun mungkin cara ini akan memakan waktu yang lebih lama. Jadi bisa kita sesuaikan dengan keperluan dan waktu memasak.

3. Dibakar (kunyit dan terasi)

Tidak semua orang menyukai bau terasi. Alasannya adalah aroma terasi sangatlah menyengat walau masih mentah. Namun bagi kita yang suka terasi tentunya ingin mendapatkan rasa dan aroma yang maksimal. Apalagi ketika hendak membuat nasi goreng terasi . Maka caranya adalah dengan membakar terasi terlebih dulu. Tusuklah terasi menggunakan garpu, lalu bakar di atas api kecil hingga warnanya berubah menjadi gelap.

Selain terasi, kunyit juga perlu dibakar untuk menghilangkan rasa pahitnya. Tidak perlu mengupasnya sebelum dibakar, untuk menghindari gosong yang dapat membuat rasa dari kunyit semakin pahit. Membakar kunyit juga bisa membuat warna kuningnya menjadi lebih terang.

4. Disobek (daun salam, daun jeruk)

Untuk bisa mengeluarkan aroma daun jeruk, kita harus menyobeknya dahulu. Bila daun jeruk mau pun daun salam dimasukkan langsung ke dalam masakan maka aromanya tidak akan keluar. Tidak perlu menyobek seluruh daun, cukup sobek sedikit salah satu bagian daun jeruk maupun daun salam untuk mengeluarkan aromanya agar bisa menyatu dengan masakan.

Itulah beberapa tips dalam mengolah bumbu dan rempah yang tepat. Pastikan kita mencobanya di rumah ya, agar rasa dan aroma masakan lebih nikmat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya