Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Pisau merupakan salah satu alat dapur yang sering digunakan. Sebagai alat pemotong, pisau membutuhkan perawatan agar awet dan tidak mudah karatan.

Pada saat memasak ENDEUSiast perlu memotong atau mengiris bahan masakan dan alat yang digunakan tentunya adalah pisau. Sebagai alat yang paling sering digunakan, pisau membutuhkan perawatan agar tetap awet dan tidak mudah karatan.

Namun, ENDEUSiast perlu hati-hati pada saat membersihkannya karena bila tidak maka tangan akan terluka. ENDEUSiast harus bisa menguasai cara merawatnya dengan benar karena ada beberapa jenis pisau yang membutuhkan perawatan berbeda tergantung dari bahannya hingga bentuknya. Bagi yang masih belum paham cara merawatnya, mari simak tipsnya di bawah ini.

1/ Menyimpan di Wadah Khusus

Cara merawat pisau dapur yang ada di rumah adalah dengan menyimpannya di wadah khusus. Wadah tersebut biasanya diberikan sekat sehingga pisau tidak akan saling tergores satu sama lain. Meletakkan di wadah khusus yang ada sekatnya juga lebih aman karena ada bagian penutup yang berfungsi untuk melindungi mata pisau dari kontak tangan secara langsung sehingga tidak mudah tergores.

2/ Hindari Merendam Pisau

Pada saat hendak mencuci piring biasanya kita akan merendamnya terlebih dahulu. Cara tersebut boleh dilakukan oleh perabotan dapur apapun tetapi tidak untuk pisau. Proses pencucian pisau harus dilakukan secara hati-hati dan cepat, jadi tidak perlu direndam air terlalu lama.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya karatan dan juga bercak air yang menempel pada pisau. Setelah dicuci dengan bersih maka langsung lap pisau menggunakan kain kering lembut sebelum diletakkan di wadah. Jangan sampai masih tersisa air yang menempel pada pisau karena itu bisa membuat pisau kusam.

3/ Mengasah Pisau secara Rutin

Semakin sering pisau digunakan maka akan cepat tumpul. Maka dari itu ENDEUSiast harus rajin juga mengasahnya agar selalu tajam. Bayangkan bila ENDEUSiast hendak membuat ikan tongkol kuah pedas , tetapi pada saat memotong ikannya terasa kesulitan itu artinya pisau yang ENDEUSiast pakai tumpul.

Pada proses pengasahan pun memiliki tekniknya tersendiri. Untuk bisa menghasilkan ketajaman yang sempurna maka posisi pisau dengan alat asah harus membentuk 20 derajat. Mengasahnya secara rutin juga dapat menghindari terjadinya karatan pada pisau.

Tidak sulit kan dalam merawat pisau dapur yang ada di rumah. semua tidak akan sulit bila dilakukan secara benar. Jadi perhatikan poin-poin di atas agar semua pisau yang ada di dapur tetap awet dan tidak mudah karatan. Pisau pun menjadi selalu bersih dan terawat serta terbebas dari kuman penyakit. Kini ENDEUSiast tidak perlu lagi sering mengganti pisau di dapur karena tips diatas sudah membantu untuk menjaga pisau tahan lama.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.