Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Es cendol menjadi minuman favorit ketika haus melanda. Rasanya yang manis dan segar membuat cendol sangat cocok disajikan ketika cuaca panas.

Siapa yang tidak kenal dengan es cendol. Minuman yang satu ini terbuat dari bahan tepung beras atau tepung sagu yang ditambahkan dengan campuran gula jawa. Umumnya es cendol menggunakan santan namun bagi ENDEUSiast yang tidak suka mengkonsumsi santan maka bisa menggantinya dengan alternatif lainnya yaitu bisa menggunakan susu putih full cream. Penggunaan santan yang berlebih bisa menyebabkan kolesterol tinggi maka pemilihan susu sangat tepat bagi ENDEUSiast yang menghindari kolesterol. Lalu bagaimana tips membuat cendol tanpa menggunakan santan? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Langkah pertama yang harus ENDEUSiast siapkan dalam membuat es cendol tanpa santan adalah cendol, gula jawa dan susu sebagai pengganti santan. Bisa susu dengan merk apa saja asalkan itu jenis full cream. Disarankan untuk memilih susu putih yang low fat yang artinya rendah lemak. Susu low fat bisa mencegah kolesterol tinggi.

Setelah semua bahan sudah siap maka mulai masuk ke tahap mencairkan gula jawa. Lelehkan gula jawa ke dalam panci atau teflon lalu masukkan air secukupnya. Aduk sesekali hingga gula jawa telah menjadi cair. Setelah gula jawa cair sempurna, sisihkan.

Selanjutnya ENDEUSiast tinggal menyiapkan secangkir gelas untuk es cendol yang telah disiapkan tadi. Masukkan cendol secukupnya ke dalam gelas. Lalu masukkan susu putih full cream kira-kira hingga setengah gelas dan yang terakhir masukkan gula jawa secukupnya untuk menambah rasa manis. Tidak lupa untuk memberikan es agar ENDEUSiast bisa menikmati segelas es cendol tanpa santan dengan sensasi yang dingin dan segar.

Pemilihan susu putih full cream menjadi alternatif yang tepat karena memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Susu segar yang berasal dari sapi ini memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat dan vitamin yang merupakan komposisi zat seimbang yang baik untuk kesehatan. Menggunakan susu full cream pada es cendol juga memberikan rasa yang lebih gurih dan lezat. Jadi ENDEUSiast tidak perlu khawatir lagi minum es cendol karena pembuatannya menggunakan bahan-bahan yang alami. Selain susu sapi sebenarnya ada varian susu lainnya tidak kalah nikmat yang bisa ENDEUSiast coba sebagai bahan campuran pada es cendol.

Pada dasarnya es cendol bisa menjadi minuman yang menyehatkan asalkan bahan pembuatannya menggunakan bahan-bahan alami. Jika ENDEUSiast membeli es cendol di luar pastikan terlebih dahulu apakah campuran pada es cendol tersebut menggunakan bahan alami atau tidak. Untuk lebih amannya serta menjaga kebersihan dari minuman lebih baik membuatnya sendiri di rumah karena kita yang lebih mengetahui bahan apa saja yang baik untuk dikonsumsi. Demikianlah informasi mengenai tips membuat es cendol tanpa santan rendah kolesterol, semoga dapat bermanfaat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.