Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Tidak hanya Indonesia punya cabai, di berbagai dunia juga memiliki cabai yang bahkan terkenal dengan rasanya yang super pedas.

Masyarakat Indonesia terkenal dengan selera masakannya yang pedas. di setiap masakannya pasti selalu menggunakan unsur cabai, baik itu untuk makanan yang berkuah maupun kering. ENDEUSiast mungkin sudah lebih mengenal jenis cabai yang ada di Indonesia, mulai dari yang biasa hingga terpedas sekalipun ada.

Tetapi, sudah tahukah ENDEUSiast bahwa tidak hanya Indonesia saja yang punya cabai pedas, di berbagai negara juga memiliki cabai yang bahkan dianggap sebagai cabai terpedas di dunia.

Penasaran? Mari kita simak selengkapnya berikut ini. Tetapi, sebelumnya perlu diketahui bahwa tingkat kepedasan masing-masing cabai diukur menggunakan skala SHU (Scoville Heat Unit). Untuk ukuran kepedasan cabai Indonesia yaitu sekitar 30.000-50.000 SHU.

1/ Ghost Pepper

Jenis cabai yang di dibudidayakan di bagian timur laut India merupakan hasil persilangan dari cabai kathur (Capsicum frutescens) dan bonnet pepper (Capsicum chinense). Tingkat kepedasannya diatas cabai rawit yang ada di Indonesia yaitu sekitar 1 juta SHU bahkan bisa lebih.

Cabai yang memiliki nama lain Bhut Jolokia ini panjangnya sekitar 60-85 mm jika kondisinya sudah matang. Terdapat berbagai aneka warna seperti merah, coklat, orange dan kuning. Cabai yang terkenal super pedas ini biasa digunakan untuk membuat masakan seperti kari atau bisa juga kalau ENDEUSiast coba buat acar dengan menggunakan cabai ini.

2/ Dragon’s Breath

Meskipun ukurannya sangat kecil tetapi untuk tingkat kepedasannya jangan diragukan. Memiliki tingkat kepedasan sekitar 2,5 juta SHU ini menjadikan dragon’s breath dinobatkan sebagai cabai terpedas nomor 2 di dunia. Kebayangkan gimana pedasnya?

Cabai yang dibudidayakan di negara Inggris ini bisa membuat tubuh mati rasa. Sehingga bisa digunakan dalam keperluan medis seperti anestesi. Jadi, untuk jenis cabai ini sepertinya tidak cocok bila dijadikan sebagai bumbu masakan.

3/Pepper X

Cabai yang memiliki tingkat kepedasan lebih dari 3 juta SHU ini sudah jelas bisa dianggap sebagai cabai terpedas di dunia dan hingga kini belum ada yang bisa mengalahkan rasa pedas dari cabai ini. Pepper X ini diciptakan oleh Ed Currie dengan menggunakan sistem persilangan antara berbagai macam jenis cabai terpedas.

Sekalipun terkenal dengan rasanya yang pedas tak terkalahkan ini, nyatanya cabai pepper X ini diproduksi menjadi bentuk saus. ENDEUSiast yang mengaku pecinta pedas, apakah berani mencicipi saus dari pepper X ini?

Demikianlah informasi tentang jenis cabai terpedas di dunia. Semoga dapat menambah wawasan ENDEUSiast tentang dunia cabai.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.