Penasaran dengan Terubuk? Baca Selengkapnya Disini

"

Terubuk merupakan bunga dari tanaman Saccharum edule Hasskarl , yang batangnya memiliki ruas-ruas seperti tebu. Oleh karena itu, terubuk dikenal juga dengan nama telur tebu, telur terubuk, atau endhog tebu (telur tebu) dalam bahasa Jawa.

Dibungkus pelepah-pelepah tipis seperti jagung. Ketika dipanen dan dijual, pelepah tipis ini tidak dibuka karena berfungsi untuk melindungi isi terubuk yang sangat mudah hancur.

By Bagian dalam Terubuk (Foto: Dokumentasi Endeus)

Bagian yang dikonsumsi adalah bagian bunga di dalamnya, warnanya putih kekuningan dan bentuknya bulat panjang seperti telur ikan. Rasanya agak manis dan teksturnya lembut agak membal seperti spons.

Terubuk dapat dimakan sebagai lalapan, dibakar, ditumis, digoreng tepung, atau diolah menjadi sayur berkuah santan, seperti Sayur Besan dari Betawi misalnya.

By Terubuk utuh dan dikupas (Foto: Dokumentasi Endeus)

Pilih terubuk yang selongsongnya besar, berwarna putih semburat hijau dan tidak ada cacat atau noda kehitaman pada kulitnya. Sekilas, terubuk mirip dengan serai, tetapi ketika dipegang lebih lunak dan kulitnya dapat dikupas dengan mudah.

Terubuk dapat dibeli di pasar tradisional, supermarket ataupun toko online. Karena sekarang sudah mulai banyak menanam terubuk sebagai tanaman sayur alternatif.

Penasaran dengan rasa terubuk? Yuk coba masak sekarang!

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.