Tempe Khas Nusantara Selain Dari Kacang Kedelai
Tempe Khas Nusantara Selain Dari Kacang Kedelai

Tempe tidak hanya terbuat dari kacang kedelai, ada banyak jenis tempe yang terbuat dari berbagai kacang-kacangan di Indonesia.

Tempe merupakan salah satu makanan tradisional warisan nenek moyang bangsa Indonesia. Bahkan UNESCO sudah mengakui bahwa tempe merupakan makanan khas Indonesia. Banyak masyarakat mengolah tempe menjadi berbagai makanan misalnya burger tempe .

Sebagian besar masyarakat Indonesia hanya mengenal tempe terbuat dari biji kacang kedelai. Bahkan ada pepatah bahasa Jawa yang menggunakan istilah tempe dan biji kedelai yaitu “Isuk dele sore tempe”. Tahukah ENDEUSiast bahwa sebenarnya da banyak jenis tempe selain yang terbuat dari kedelai? Berikut ini merupakan tempe khas nusantara yang dibuat selain dari kacang kedelai.

1/ Tempe Kacang Hijau Atau Kacang Merah

Sebenarnya tempe kacang hijau atau kacang merah merupakan pengembangan penelitian dari bidang pangan nasional untuk menggantikan kacang kedelai sebagai bahan pengganti kedelai. Sama seperti tempe kedelai, tempe kacang hijau atau kacang merah mudah diolah menjadi berbagai makanan seperti tempe kedelai yaitu digoreng, diorek dan sebagainya.

Jika ENDEUSiast ingin mencoba jenis tempe ini, ENDEUSiast bisa mendapatkannya di pasar-pasar tradisional Yogyakarta. Jika ENDEUSiast belum bisa ke Yogyakarta namun tetap ingin mencoba makan tempe kacang merah atau hijau, ENDEUSiast bisa membuatnya sendiri. Cara membuat tempe ini sama dengan cara membuat tempe kedelai.

2/ Tempe Koro Pedang

Tempe koro pedang merupakan tempe yang berasal dari Yogyakarta. Tempe ini memiliki warna cokelat tua yang hampir menyerupai warna hitam. Tempe koro pedang juga biasa disebut tempe benguk oleh masyarakat Yogyakarta. Tempe benguk memiliki harga yang lebih murah dibanding tempe kedelai karena bahan baku untuk membuatnya yaitu kacang koro lebih murah dibanding kedelai. Tempe benguk nikmat dimakan saat cuaca dingin sambil minum teh hangat. Tempe ini dapat dengan mudah ENDEUSiast temukan di pasar tradisional Yogyakarta.

3/ Tempe Kecipir

Untuk bisa merasakan hidangan tempe kecipir ENDEUSiast harus pergi ke Tulungagung, Jawa Timur karena tempe ini sulit didapatkan di daerah lain. Sesuai dengan namanya, tempe kecipir terbuat dari bahan baku kecipir. Proses pembuatan tempe kecipir lebih lama jika dibandingkan dengan tempe kedelai karena tekstur kecipir lebih keras sehingga diperlukan waktu yang cukup lama untuk merebusnya. Hal tersebut menjadi salah satu faktor mengapa tempe kecipir susah ditemukan karena orang lebih memilih membuat tempe kedelai yang lebih cepat.

4/ Tempe Menjes

Tempe menjes merupakan tempe yang terbuat dari kacang tanah sehingga tekstur tempe ini kasar. Jika ingin membeli tempe menjes ENDEUSiast bisa mencarinya di pasar tradisional Yogyakarta dan Jawa Timur. Tempe ini biasa disajikan dengan cara digoreng.

5/ Tempe Lupin

Tempe lupin terbuat dari lupin yaitu kacang dari Australia. Tempe ini merupakan makanan khas Malang. Tempe lupin memiliki tekstur yang lengket dan rasa yang asam. Akan tetapi tempe ini memiliki warna kuning cerah sehingga sering diolah menjadi tempe.

Endeustorial

Ikuti Instagram