Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Tahu adalah bahan makanan yang banyak digunakan dalam membuat sajian. Tahu menyimpan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Yuk, kita cari tahu!

Jika dibandingkan dnegan daging, ikan, dan telur, kandungan nutrisi di dalam tahu memang masih kurang. Namun, karena harganya yang lebih murah, orang senang mengonsumsinya makanan yang berasal dari endapan susu kedelai ini sebagai sumber protein. Apalagi bagi mereka yang Vegetarian, tahu cocok sekali untuk mengganti makanan sumber protein hewani.

Ada tiga jenis tahu yakni tahu padat, tahu lembut, dan tahu sutera. Jika teksturnya semakin padat, kolesterol yang dikandungnya pun semakin tinggi. Akan tetapi, nutrisi ketiga jenis tahu ini mirip dan tentu saja memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. Mau tahu apa saja manfaat tahu? Baca sampai habis, ya.

1/ Menjaga atau Menurunkan Berat Badan

Tahu dapat dijadikan menu sumber karbohidrat yang rendah kalori. Selain itu, protein nabati yang terkandung di dalamnya membuat perut akan merasa kenyang lebih lama. Makanan ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Jadi, ENDEUSiast yang memiliki masalah dengan berat badan, cobalah berbagai olahan tahu yang sehat sebagai menu dietmu.

2/ Menjaga Kesehatan Tulang dan Kulit

Tahu mengandung isoflavon, potasium, dan kaya akan kalsium yang dapat membuat tulang semakin padat sehingga menurunkan resiko terkena penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Tahu juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan kalsiumnya membantu perkembangan tulang pada janin. Isoflavon juga dapat mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, kandungan vitamin, mineral, dan protein pada tahu dapat mengencangkan otot-otot di sekitar kulit sehingga kulit akan lebih sehat, cantik, dan kencang.

3/ Mengurangi Resiko Kanker

Isoflavon atau fitoestrogen adalah zat yang sering ditemukan dalam olahan kacang kedelai, termasuk tahu. Zat tersebut dalam tahu juga dapat menghambat bertumbuhan kanker terutama kanker usus besa, kanker payudara, dan kanker prostat. Tahu juga mengandung selenium yang memiliki antioksidan. Dengan begitu mengonsumsi tahu dapat menjaga keseluruhan kesehatan tubuh.

4/ Mencegah Penyakit Jantung dan Menjaga Kesehatan Darah

Kandungan protein nabati di dalam tahu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mengurangi tekanan darah tinggi. Sebaliknya, kandungan dalam tahu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga resiko terkena penyakit jantung berkurang.

Tahu juga kaya akan zat besi sehingga mendukung proses pembentukan sel darah merah. Cocok sekali untuk orang-orang yang memiliki anemia. Asam lemak Omega 3 yang ada di dalam tahu membantuk mencegah pembekuan darah dan kolesterol jahat yang menyumbat arteri.

5/ Mencegah Menopouse Dini

Menopouse dini dapat terjadi karena kadar hormon estrogen dalam tubuh tidak seimbang. Lagi-lagi isoflavon dalam tahu memiliki manfaat yang baik. Isoflavon ini akan membantu wanita mencegah menopause dini karena membantu menjaga keseimbangan hormon estrogen.

Nah, itu tadi berbagai manfaat tahu bagi tubuh kita. Jika sudah tahu manfaatnya, yuk kita buat kreasi tahu yang lezat. Endeus.tv punya menu unik olahan tahu yaitu Smoothies Tahu Stroberi. Penasaran? Cek resep dan cara membuatnya di sini .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya