Kue lapis merah putih biasanya disajikan ketika perayaan kemerdekaan. Berikut ini tips sukses membuat kue lapis.

Salah satu kue dan jajanan tradisional yang sering disajikan ketika perayaan kemerdekaan adalah kue lapis. Kue yang terbuat dari tepung beras ini paling mudah dibuat dan warnanya bisa dikreasikan dengan warna merah putih sesuai dengan bendera Indonesia.

Tidak heran bila kue yang satu ini banyak disajikan untuk perayaan kemerdekaan. Kalau ENDEUSiast juga ingin membuat kue lapis merah putih, yuk ikuti tips suksesnya berikut ini.

1/ Gunakan Bahan Segar

Salah satu kunci kelezatan kue lapis terletak dari bahan-bahan yang digunakan. Usahakan untuk selalu menggunakan bahan-bahan yang segar. Gunakan tepung kanji, tepung beras, ataupun tepung hunkwe yang baru dengan tanggal kadaluarsa yang masih lama. Bila tepung sudah lama disimpan, coba cek baunya terlebih dahulu apakah baunya masih bagus.

Kalau bau tepung sudah tengik atau teksturnya menggumpal, sebaiknya jangan digunakan lagi. Selain itu, pastikan untuk menggunakan santan yang segar dan bukan instan. Sehingga aroma kue lapis bisa gurih. Peralatan yang digunakan juga harus bersih, kering, dan tidak mengandung aroma-aroma yang kurang sedap.

2/ Aduk Adonan dengan Benar

Cara mengaduk adonan untuk kue lapis juga harus dilakukan dengan benar. Pastikan bila semua tepung sudah diaduk dengan rata dan tidak ada yang menggumpal. Agar tepung lebih mudah larut, ENDEUSiast bisa mengayak tepung terlebih dahulu sehingga tidak ada tepung yang bergerindil.

3/ Gunakan Pewarna Berkualitas

Salah satu kunci tampilan kue lapis yang cantik adalah penggunaan pewarna yang bagus. ENDEUSiast bisa menggunakan pewarna dari bahan alami seperti buah bit atau buah naga. Kalau menggunakan pewarna makanan, pilih pewarna yang aman dan berkualitas sehingga nanti kue lapis bisa berwarna merah yang cantik dan tidak kusam.

4/ Olesi Loyang dengan Minyak

Kue lapis memang cenderung lengket. Agar kue lapis mudah dilepas dari Loyang ketika sudah matang, ENDEUSiast bisa mengolesi Loyang dengan minyak. Oles bagian dalam Loyang dengan minyak secara tipis-tipis sehingga mudah dikeluarkan ketika sudah matang.

5/ Timing saat Menyusun Lapis

Membuat kue lapis memang membutuhkan kesabaran. Kue lapis harus dikukus lapis demi lapis agar bisa terihat cantik. ENDEUSiast bisa memberikan waktu jeda lima menit per lapisan agar lapisannya tidak bercampur satu sama lain.

6/ Potong Lapis Ketika Sudah Dingin

Ketika kue lapis sudah matang, ENDEUSiast bisa mengeluarkannya dari kukusan namun jangan terburu memotong kue lapis. Dalam keadaan panas, tekstur kue lapis masih lembek dan bila terburu dipotong akan menyebabkan kue menjadi hancur. Biarkan kue hingga dingin terlebih dahulu kemudian potong dengan menggunakan pisau yang sudah diolesi dengan minyak agar tidak lengket.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.