Tahukah ENDEUSiast menyimpan merica tidak bisa sembarangan? Berikut ini beberapa cara menyimpan merica dengan benar.

Lada atau merica adalah salah satu rempah yang digunakan di banyak jenis makanan di seluruh dunia. Rempah ini termasuk sebagai rempah dengan komoditas yang paling laku dan paling dicari. Merica mempunyai rasa yang pedas, panas, dan sedap untuk berbagai masakan seperti nasi udang mentega .

Merica biasa dijual dalam bentuk butiran ataupun dalam bentuk bubuk. Bila disimpan dengan tepat, kualitas merica akan tetap terjaga. Namun bila penyimpanannya tidak tepat, merica bisa berubah rasa dan tidak sedap lagi bila digunakan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menyimpan merica.

1/ Beli Secukupnya

Tidak ada yang lebih baik daripada merica yang fresh karena rasanya masih baik dan tajam. Oleh karena itu hindari membeli merica dalam jumlah yang banyak bila nantinya hanya akan disimpan saja. Sebaiknya beli merica dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan, kemudian beli kembali bila sudah habis. Merica yang terlalu lama disimpan akan kehilangan aromanya. Pada merica bubuk, ENDEUSiast hanya bisa menyimpannya selama 4 bulan saja, selebihnya merica tidak akan sedap lagi bila digunakan. Bila ingin merica yang tahan lebih lama, ENDEUSiast bisa memilih merica dengan butiran yang utuh karena bisa bertahan hingga satu tahun dengan penyimpanan yang tepat.

2/ Simpan dalam Wadah Tertutup

Agar merica tetap bagus dan tidak menggumpal, merica perlu disimpan dalam wadah kedap udara yang tertutup. Pastikan tempat penyimpanan merica dalam keadaan kering dan tertutup rapat. Kemudian letakkan penyimpanan merica pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan juga tidak lembab. Sehingga merica tidak cepat menggumpal dan rusak ataupun berbau apek.

3/ Simpan dalam Stoples Kaca

Untuk penyimpanan yang lebih baik, ENDEUSiast bisa menggunakan stoples kaca. Hal ini karena wadah plastik bersifat panas yang bisa mengurai zat kimia didalamnya. Zat kimia ini dikhawatirkan akan mempengaruhi rasa dan aroma merica. Selain wadah, pastikan juga untuk tidak menggunakan sendok plastik di dalamnya dengan alasan yang sama.

Bila tidak ada alasan khusus untuk membeli merica bubuk, sebaiknya ENDEUSiast memilih merica butiran. Hal ini karena merica butiran lebih mudah disimpan, lebih sedap, dan juga lebih tahan lama. ENDEUSiast bisa menghaluskan merica setiap akan digunakan saja. Bila perlu, ENDEUSiast bisa meletakkan merica di freezer agar rasa dan aromannya lebih terjaga dan lebih tahan lama. Selain itu, pilihlah wadah penyimpanan kaca karena tidak mengurai zat kimia berbahaya yang bisa mempengaruhi rasa merica. Selamat Mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.