Merica atau lada dikenal sebagai salah satu rempah yang hampir selalu digunakan pada berbagai jenis masakan di dunia

Dalam dunia kuliner, merica dikenal sebagai The King of Spices atau raja dari segala rempah. Tidak heran bila merica menjadi salah satu komoditas perdagangan dunia dan Indonesia mampu mengekspor 80% hasil merica dalam negeri.

Merica memang umum ditambahkan sebagai penyedap pada masakan seperti daging sapi lada hitam . Namun selain sebagai penyedap, ternyata merica juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan termasuk kesehatan otak. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari rempah yang mempunyai rasa pedas dan panas ini.

1/ Mencegah Alzheimer

Alzheimer adalah suatu kondisi kesehatan dimana otak tidak mampu mengingat. Berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2012, mengkonsumsi merica terutama merica hitam dapat membantu menurunkan resiko penyakit Alzheimer.

2/ Mengatasi Kejang

Selain menurunkan resiko penyakit Alzheimer, merica juga dipercaya mampu mengatasi kejang. Kandungan piperin pada merica ternyata bisa mengontrol kalsium. Sehingga sel-sel saraf dapat melepaskan neurotransimitter untuk mengurangi kejang pada tubuh.

3/ Mengobati Stroke

Stroke adalah suatu penyakit yang mengerikan dan tidak sedikit penderita penyakit ini berakhir dengan kematian. Penyakit stroke adalah jenis penyakit yang mematikan sebagian organ dan fungsi otak seseorang. Berdasarkan penelitian, aroma dipercaya bisa mengaktifkan kembali organ sesorang terutama bagian tenggorokan. Konsumsi merica dipercaya bahwa aromanya bisa memicu seseorang agar bisa kembali menelan.

4/ Mencegah Penyakit Parkinson

Selain membantu mengatasi kejang, enzin piperin dalam merica ternyata juga membantu menghentikan produksi enzim yang menghancurkan dopamine. Pada penderita Parkinson, dopamine adalah semacam neurotransmitter dalam jumlah yang banyak.

5/ Mencegah Depresi

Saat sedang bersedih atau depresi, biasanya otak kekurangan serotonin. Enzim piperine dalam merica adalah suatu bahan aktif yang membantu otak untuk memproduksi lebih banyak hormone serotonin. Sehingga orang yang mengkonsumsi merica bisa mengendalikan depresi dan perasaan dengan lebih baik.

Selain manfaat di atas, konsumsi merica juga mempu meredakan hidung tersumbat. Hal ini karena merica dipercaya sebagai dekongestan alami yang bermanfaat untuk mengencerkan dahak dan lendir di saluran pernapasan.

Mengkonsumsi merica memang memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan. Hanya saja harus dikonsumsi dalam batas yang wajar. Hal ini karena merica mempunyai rasa panas dan pedas, sehingga bila dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat perut menjadi panas. Selain itu, konsumsi merica untuk wanita hamil sebaiknya juga tidak berlebihan untuk mengurangi resiko keguguran.

Penggunaan lada untuk kulit juga sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan iritasi seperti kemerahan dan rasa panas terutama pada mereka dengan kulit yang sensitif.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.