Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Sajian kue lebaran dan aneka camilan bersama keluarga di hari Lebaran emang enak banget. Berikut ini adalah pilihan kue dan camilan yang bisa dibuat.

Lebaran sebentar lagi, udah menyiapkan kue kering serta camilan untuk dinikmati bersama keluarga? Meski masih belum bisa kemana-kemana di Hari Raya, rayakan di rumah aja juga asyik kok dengan berbagai macam kue dan camilan.

Nah, ketika sedang berkumpul bersama keluarga, apa yang biasa kamu lakukan? Kebanyakan orang-orang akan memanfaatkan waktunya untuk ngobrol santai, bercanda ria hingga saling tukar kabar setelah lama tidak bertemu. Ketika sedang mengobrol santai seperti itu akan lebih enak bila ditemani dengan aneka kue lebaran dan camilan khas.

Selain dijadikan sebagai teman bersantai, kue lebaran dan camilan juga bisa menjadi menu pembuka sebelum menyantap menu utama loh! Kira-kira apa kue dan camilan yang asik disajikan saat Lebaran? Mari kita lihat daftarnya di bawah ini.

1. Rengginang

Pernah mendengar lelucon tentang kaleng biskuit yang berisi rengginang? Ya, memang rengginang bisa kamu jadikan sebagai camilan ketika lebaran. Rasanya sekali makan pasti susah buat berhenti.

Ada juga varian lain dari rengginang yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Di sana, rengginang dijual dengan rasanya yang manis karena telah dilapisi oleh lelehan gula jawa. Untuk membuat rengginang, biasa menggunakan nasi atau ketan putih yang dijemur di atas terik matahari hingga benar-benar kering. Baru setelah itu digoreng.

2. Kacang bawang

Kita pasti udah nggak asing lagi dengan camilan yang satu ini kan? Kacang bawang memang sudah kerap dijadikan pemanis di meja ruang tamu ketika Lebaran. Kacang bawang memang terbilang sederhana karena hanya terbuat dari kacang tanah yang dikupas lalu direndam dengan santan. Setelah itu digoreng hingga matang dengan teksturnya yang renyah.

Biasanya sebagai pelengkap akan diberi bawang putih. Tetapi untuk proses pengolahannya nggak bisa dicampur jadi satu dengan kacang. Jadi bawang putih disangrai terlebih dahulu baru dicampur dengan kacang ke dalam wadah. Kita pasti pernah makan bawang putihnya aja kan? Perpaduan rasanya yang asin dan gurih bisa membuat kita nggak bisa berhenti untuk mengunyah.

3. Kembang goyang

Sesuai dengan namanya, bentuk dari kue ini seperti kembang. Biasa disajikan bersama dengan rengginang emping atau camilan khas Betawi lainnya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kembang goyang seperti tepung beras, telur, gula pasir dan santan. Nanti akan dicetak dengan bentuk kembang baru setelah itu digoreng.

4. Kue gabus

Namanya memang gabus tetapi bukan berarti kue ini terbuat dari gabus. Nama dari kue ini diambil dari ‘ikan gabus’ karena memang bentuknya serupa dengan telur ikan gabus. Ciri khas dari kue gabus adalah berwarna putih lonjong dengan rasanya yang gurih.

Kamu juga bisa membuat resep kue telur gabus keju sendiri di rumah loh! Jadi tunggu apalagi, ayo segera bikin.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya