Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Sejarah resep kue kastengel, si gurih yang kaya keju yang wajib saat Lebaran.

Saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, pasti banyak orang yang tengah sibuk mempersiapkan menu sajian seperti resep kue kastengel. Berbagai jenis makanan juga sudah tersaji rapi dengan tampilan yang sangat menarik hati untuk memeringati hari kemenangan.

Biasanya menu makanan ringan yang disajikan berupa olahan kacang-kacangan, aneka roti, bahkan kue kering. Salah satunya yang wajib ada yaitu kue kastengel yang seringkali menjadi primadona saat Lebaran.

Ngomongin kastengel, udah tau belum sejarahnya kue keju ini? Nah, untuk lebih lengkapnya simak di bawah ini.

Asal Mula Kue Kastengel

Tahukah kamu jika kue kering ini sebenarnya terdiri dari dua kata, yaitu kaas dan juga stengels . Arti kaas sendiri berarti keju, sedangkan stengels sendiri berarti batangan. Sehingga, kue kering ini biasa dijuluki dengan nama kaastengels atau lebih singkatnya kastengel.

Konon katanya, awal terbentuknya resep kue kastengel ini dimulai dari nyonya-nyonya Belanda beberapa tahun silam. Di mana mereka memperkenalkan resep ini pada masa kolonial saat penjajahan Hindia Belanda.

Setelah sampai di Indonesia, kue kastengel ini mengalami beberapa perubahan, salah satunya dalam hal ukurannya sendiri. Biasanya kue kastengel di Indonesia sendiri mempunyai bentuk seperti kotak pendek dengan panjang lima sentimeter. Padahal, ukuran yang dimiliki kue ini sebenarnya tidak sependek seperti yang biasanya kita lihat. Ternyata, panjang ukuran asli kue kastengel ini sendiri bahkan dapat mencapai tiga puluh sentimeter lho!

Bahan Dasar Pembuatan Kue Kastengel

Cita rasa yang dihasilkan sendiri nggak berbeda dengan aslinya, yaitu persis rasa kastengel khas Belanda. Bahan yang digunakan untuk membuatnya pun gampang dicari seperti tepung terigu, margarin, telur, dan keju. Setelah itu hanya tinggal dipanggang di oven aja. Rasanya pun tak perlu diragukan lagi, sudah pasti endeus dengan kaya rasa gurih dan asin karena taburan kejunya.

Kudapan ini sangat pas ketika disantap sekali suap karena ukurannya sendiri begitu mungil dan menggemaskan. Sehingga membuat orang-orang ingin terus-menerus melahapnya karena rasa kejunya sangat terasa di setiap gigitannya.

Biasanya, kue kastengel ini tidak hanya muncul pas lebaran saja lho, tetapi hari besar lainnya. Nah, selain itu kita juga dapat mencoba kue kering lainnya seperti kue kacang ini. Sama-sama cocok disajikan untuk lebaran nanti.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya