Buka puasa makan rujak? Kenapa tidak? Selain sehat, makanan khas nusantara ini murah meriah lo. Layak banget dicoba. Intip yuk resep pembuatannya.

Jika sebelumnya kita sudah melihat cara pembuatan tempe bumbu rujak , maka saatnya membuat pendamping hidangan yang satu ini. Apalagi kalau bukan rujak buah. Makanan populer khas nusantara ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Rujak buah akan sangat nikmat kala disantap siang hari nan terik.

Untuk buah-buahan yang biasanya ada di dalam rujak buah ini diantaranya jambu, mangga muda, kedondong, pepaya, jambu air, bengkoang, dan buah lainnya. Pemilihan buah ini disesuaikan saja dengan selera. Tidak ada patokan baku untuk pemilihan buahnya, bahkan ada juga yang menambahkan ubi jalar ungu muda yang dibiarkan mentah.

Aneka olahan rujak buah sebenarnya hampir sama. Perbedannya, terletak pada tingkat kekentalan bumbu kacang sebagai pelengkapnya. Bahan buahnya juga bisa jadi berbeda-beda. Perbedaan yang sangat jelas juga terlihat dari cara peyajiannya dimana ada rujak buah yang disajikan dengan bumbu yang terpisah, dicampur, hingga diuleg. Ada juga bumbu kacang yang disiramkan di atas buah.

Besarnya potongan buah untuk rujak buah ini juga hampir sama dengan potongan untuk rujak buah uleg dan lutis, namun berbeda lagi dengan rujak serut dimana buahnya akan diserut kecil-kecil menggunakan serut buah. Untuk rasa sama-sama enak dan layak dicoba semuanya.

Seringkali ibu hamil lah yang mengidam untuk mengkonsumsi rujak akibat adanya mangga muda yang asam. Nah daripada repot mencari warung yang menjual yuk kita mencoba mencoba membuat sendiri Rujak Buah Sambal Kacang sendiri di rumah.

Bahan yang dibutuhkan :

200 gr kacang tanah goreng

5 buah cabai merah (sesuaikan selera)

1 sendok teh terasi goreng atau bakar

150 gr gula merah

1 ½ sendok teh asam jawa dengan 3 sendok makan air

150 gram nanas yang dipotong-potong

Garam secukupnya

Bahan Buah :

1 buah mangga muda yang dipotong sesuai selera

3 buah kedondong yang dipotong sesuai selera

2 buah bengkuang yang dipotong sesuai selera

¼ buah pepaya yang dipotong sesuai selera

1 buah nanas yang dipotong sesuai selera

10 buah jambu air merah yang dipotong sesuai selera

2 buah mentimun yang dipotong sesuai selera

Cara Membuat :

Siapkan cobek, ulek cabai merah, garam, terasi, dan gula merah. Tambahkan air asam jawa sedikit demi sedikit hingga halus

Masukkan kacang dan uleg kasar agar tekstur kacangnya terasa. Tambahkan nanas, uleg perlahan agar nanas tidak hancur.

Sajikan potongan buah dengan siraman saus kacang yang telah dibuat. Bisa juga disajikan dalam tempat terpisah untuk dicocol.

Aneka buah yang disajikan akan mengandung banyak vitamin yang sangat baik untuk tubuh, terutama dalam memperlancar pencernaan. Biasanya satu porsi rujak akan dihargai Rp 8000-10.000. Murah sih, namun jika membuatnya sendiri tentu akan lebih puas dan ekonomis.

Kita akan mengetahui kebersihan rujak buah yang kita buat sendiri. Sedikit tips agar rujak buah terasa lebih segar, ENDEUSiast bisa memasukkan buah yang telah dipotong ke dalam kulkas dahulu. Yuk, coba segera!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.