Sayur tidak hanya diolah menjadi makanan, namun juga minuman, contohnya jus. Penasaran? Simak daftarnya.

Sayur memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin dan mineral. Selain membuatnya menjadi tumisan, sop, dan olahan masak lainnya, sayur juga bisa dibuat jus.

Di Indonesia banyak tumbuh sayuran, namun konsumsi bahan ini rendah. Padahal beberapa diantaranya sangat lezat ketika disajikan menjadi jus. Ini juga bisa menjadi menu diet sehat dan perawatan kulit alami. Nah, apa saja daftarnya? Simak berikut ini.

1/ Seledri

Seledri atau celery dalam Bahasa Inggris sering dijadikan garnish atau penghias untuk hidangan. Kini, jus ini sedang tenar dan digemari banyak orang. Kandungan air, zat, besi, dan magnesium dari seledri diincar banyak orang untuk program diet mereka. Selain itu seledri juga mengandung potasium, beta karoten, dan vitamin A. hal yang lebih bagus lagi adalah kandungan gula dan kalorinya rendah.

2/ Tomat

Tomat memang sayuran umum yang sering dijadikan jus oleh orang-orang. Rasanya yang asam dan manis serta warna oranye cerah menjadi daya tarik dari jus satu ini. Selain itu, manfaat dari jus tomat adalah memperkuat kesehatan jantung. Karena ada kandungan magnesium, kalium, dan antioksidan di dalamnya.

Namun ingat, jangan terlalu banyak menambahkan gula pada jus tomat, sebagai gantinya, rasa manis bisa dihasilkan dari campuran buah atau madu yang bisa dibuat jus bersama tomat.

3/ Bayam

Sayur hijau satu ini rendah kalori, namun kaya akan gizi. Ada vitamin K dan juga kalsium yang bermanfaat untuk tulang. Untuk rasanya memang sedikit pahit, namun tenang saja. Hal ini bisa diakali dengan mengkombinasikan jus bayam dengan jenis sayuran lainnya yang rasanya netral atau manis.

4/ Wortel

Selain tomat, Wortel juga umum diolah sebagai jus. Rasa alami manis dan warna oranye cerah menjadi highlight pada minuman ini. Selain itu wortel dipercaya bisa menurunkan minus atau plus karena mengandung vitamin A yang berguna untuk mata. Ada pula nutrisi berupa vitamin B6, vitamin K, biotin, kalium, dan karoten yang bermanfaat untuk beragam organ tubuh.

5/ Brokoli

Brokoli sering diberikan untuk bayi karena di dalamnya terdapat beragam manfaat. Dalam brokoli terkandung banyak nutrisi, seperti folat, beta karoten, vitamin C, dan vitamin K. Tentu brokoli juga enak dijadikan jus. Meskipun rasanya tidak terlalu sedap namun ENDEUSiast bisa mencampukannya dengan buah-buahan dan sayuran lain yang rasanya manis.

Tentunya, ada banyak lagi jenis sayuran yang sedap dijadikan jus yang segar dan sehat . Jangan ragu dengan cita rasanya karena meskipun beragam namun ENDEUSiast bisa selalu mengakalinya dengan mencampurnya dengan buah atau sayur lain dengan unsur manis. Sayuran mana yang ingin ENDEUSiast jadikan jus?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.