Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Menu buka puasa akan sedikit berbeda dengan sajian berbahan kacang hijau berikut ini.

Kita mungkin udah akrab dengan kacang hijau. Hidangan kacang hijau mungkin juga udah nggak asing buat kita. Tapi coba deh sajikan sebagai menu buka puasa agar berbeda dari biasanya. Sesuai dengan namanya, kacang ini berwarna hijau. Di dalamnya terdapat banyak kandungan nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh kita.

Bagi yang masih bingung untuk menyajikan hidangan menu buka puasa apa, bisa loh mencoba olahan dari kacang hijau agar nggak bosan dengan sajian yang itu-itu aja. Di bawah ini ada beberapa pilihan sajian lezat yang terbuat dari bahan kacang hijau. Jangan khawatir, cara pembuatannya sangat mudah sehingga kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Dijamin sajian buka puasa kita nggak lagi membosankan.

Penasaran? Berikut daftarnya di bawah ini.

1. Sari kacang hijau

Hampir semua orang pasti udah tau manfaat dari minuman sari kacang hijau. Kita mungkin sering melihat pedagang yang menjualnya di pinggir jalan. Namun, kita nggak pernah tahu apakah minuman sari kacang hijau yang dijual tersebut apakah higienis? Nah maka dari itu bagi kita yang mempedulikan masalah kebersihan makanan emang lebih baik membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang relatif terjangkau.

Cara mengolahnya adalah kacang hijau dicuci terlebih dahulu lalu rendam selama semalaman agar kacang tersebut mengembang. Tujuan dari perendaman ini adalah agar kacang hijau empuk pada saat direbus. Jika sudah direndam, selanjutnya tinggal rebus hingga kacang hijau menjadi lembut. Setelah dingin, kacang hijau tadi diblender. Jangan lupa untuk membuang ampasnya ya. Jadi deh.

2. Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau memiliki rasa manis dan legit sehingga cocok dijadikan sebagai takjil atau menu untuk buka puasa. Bisa disajikan ketika hangat maupun dingin, sesuai selera.

Untuk membuatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu merebus kacang hijau hingga bentuknya merekah. Setelah itu masukkan santan, gula pasir, garam dan daun pandan untuk memberikan aroma alami pada sajian bubur kacang hijau.

3. Puding kacang hijau

Suka puding? Coba buat puding kacang hijau. Teksturnya yang kenyal dan lembut bisa menjadi sajian takjil untuk buka puasa atau pun menu sahur bersama keluarga loh! Cara membuatnya sama dengan puding pada umumnya. Hanya saja untuk kacang hijaunya harus direbus dulu ya agar empuk.

4. Bakpia Kacang Hijau

Selain pudding, kamu juga bisa menjadikan kacang hijau sebagai isian bakpia. Bahan utama yang harus kamu siapkan adalah kulit bakpianya. Kamu bisa mendapatkan di pasar atau membuat sendiri di rumah. Bila ingin membuat sendiri di rumah, siapkan tepung terigu protein sedang, gula halus, garam, minyak dan air. Campurkan semua bahan lalu uleni hingga kalis.

Setelah menjadi adonan, kamu tinggal isi dengan rebusan kacang hijau yang sudah dihaluskan. Isi secukupnya saja ya, jangan terlalu banyak karena nanti isiannya bisa keluar dan merusak tampilan dari bakpia. Untuk lebih lengkapnya, bisa kamu lihat di resep bakpia kacang hijau ini!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya