Banyak hidangan berbahan dasar daging ala rumahan yang praktis cocok dijadikan menu sehari-hari bahkan bisa juga dijadikan bekal anak.

Sebagai pencinta daging, pasti tau jenis makanan apa saja yang terbuat dari bahan olahan daging. Di akhir pekan, ENDEUSiast bisa memanfaatkan waktu untuk mengolah daging menjadi hidangan yang lezat.

Ada banyak resep masakan nusantara berbahan daging yang bisa ENDEUSiast coba satu persatu, tidak harus daging rendang. ENDEUSiast bisa membuat bistik, semur atau aneka masakan lainnya sesuai selera. Bila ENDEUSiast membutuhkan inspirasi resep masakan daging, mari simak beberapa referensi hidangan ala rumahan yang praktis.

1/ Rolade Daging

Bila ENDEUSiast menyimpan banyak daging di freezer lebih baik diolah menjadi rolade daging daripada nantinya busuk dan terbuang sia-sia. Tidak hanya lezat, rolade daging juga awet sehingga bisa dikonsumsi lebih dari sehari. Untuk membuat rolade, ENDEUSiast perlu menggiling daging terlebih dahulu atau bila ingin praktis bisa langsung membeli daging giling di pasar tradisional maupun swalayan.

Campurkan daging yang telah digiling kedalam bumbu dan tepung lalu aduk hingga kalis. Gulung adonan di atas telur dadar lalu balut menggunakan tepung roti. Goreng adonan rolade daging hingga matang. Lebih enak lagi bila disajikan bersama saus. Bila ingin menciptakan kreasi rolade lainnya bisa melihat resepnya di sini .

2/ Bistik Daging

Bistik daging merupakan kreasi lain dari steak dengan gaya ala Indonesia. Jika steak yang pernah kita makan dimasak dengan cara dipanggang, maka beda dengan bistik daging. Teknik pengolahannya dilakukan dengan cara direbus yang berisi bumbu dan rempah. Maka tidak heran bila ada aroma wangi dari bistik daging ini. Untuk kuahnya menggunakan kecap dan gula sehingga tampilan warnanya lebih gelap tetapi rasanya perpaduan antara manis dan gurih. Rasa gurih dari kuah tersebut berasal dari kaldu bekas rebusan daging.

Jadi air rebusannya jangan dibuang ya, bisa digunakan sebagai kuah. Hidangan yang satu ini cocok disantap bersama keluarga ketika piknik diakhir pekan.

3/ Asem Daging

Sesuai dengan namanya, resep masakan yang satu ini memiliki citra rasa utama yang asam bercampur dengan rasa manis dan pedas. Kuahnya yang berwarna hitam manis didapat dari gula jawa dan kecap. Untuk rasa asam pedas, didapat dari bahan asam jawa, belimbing wuluh dan cabai rawit. Caranya pun sangat mudah, semua bumbu tersebut dimasukkan ke dalam air rebusan daging lalu tunggu hingga matang. Sangat praktis proses pembuatannya.

Daftar masakan diatas sangat praktis dan cocok dijadikan sebagai menu rumahan atau bekal ketika berlibur bersama keluarga. Tertarik membuatnya? Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.