Resep ayam yang diolah menjadi opor kerap diminati banyak orang. Opor ayam bila tidak diolah dengan baik bisa cepat basi.

Opor ayam diidentikkan sebagai hidangan pada saat Hari Raya Idul Fitri. Namun, juga ada yang menjadikannya sebagai hidangan sehari-hari, sesuai dengan keinginan sendiri. Makanan yang satu ini menggunakan santan untuk bahan campuran kuahnya.

Kekurangan dari masakan opor ayam adalah bila tidak diolah dengan baik maka akan cepat basi. Hal itu karena adanya kandungan protein dan lemak yang tinggi pada santan. ENDEUSiast tidak mau kan masakan opor cepat basi sehingga terbuang sia-sia? Jadi sebelum terlambat, sebaiknya simak tips dibawah ini untuk tau cara mengolah ayam opor agar tidak mudah basi.

1/ Pilih Kelapa Tua Segar

Sebelum memasak opor ayam, ENDEUSiast harus membeli kelapa terlebih dahulu. Pilihlah kelapa yang sudah tua tetapi masih segar, lalu ENDEUSiast bisa memarutnya dirumah. Bila ingin praktis, bisa langsung membeli yang sudah diparut asalkan kelapa tersebut tua.

Untuk proses pemerasan santan, gunakan air panas atau setidaknya air hangat untuk dijadikan sebagai santan kental dan juga berguna untuk mengurangi berkembangnya bakteri pada santan. Gunakan air matang bila ENDEUSiast ingin mengambil santan cairnya. Sebenarnya ada banyak santan kemasan yang dijual di pasaran sehingga lebih praktis tetapi untuk rasanya tetap akan berbeda dari santan yang diperas sendiri.

2/ Masak Hingga Matang

Pada saat masak untuk yang pertama kali, ENDEUSiast harus memastikan bahwa opor telah benar-benar matang. Jangan hanya karena sudah mendidih lalu mematikan kompor. Jadi tahapnya adalah tumis semua bumbu terlebih dahulu hingga matang dan muncul aroma harum lalu baru dicampurkan dengan bahan opor. Biarkan opor ayam mendidih dan airnya mulai berkurang untuk mencegah opor ayam mudah basi.

3/ Simpan di Kulkas

Bila opor tidak cepat habis maka sebaiknya disimpan di dalam kulkas dan letakkan di tempat yang paling dingin yaitu freezer. Baru ketika ENDEUSiast hendak menyantapnya kembali bisa dihangatkan. Opor ayam kuah santan memang lebih sedap bila dinikmati dalam keadaan masih hangat. Proses penghangatan tersebut juga bertujuan untuk mencegah agar opor tidak mudah basi. Setelah dihangatkan jangan langsung diaduk, karena justru akan membuat opor cepat basi. Jadi sebaiknya tunggu sebentar barulah ENDEUSiast bisa mengaduknya.

Makanan yang mengandung santan memang perlu penanganan yang khusus, karena bila salah sedikit atau lalai saat menghangatkan maka bisa membuat masakan tersebut cepat basi. Hal ini berlaku pada opor ayam. Untuk melihat resep ayam bisa dilihat di sini . Jangan sampai salah dan lalai dalam mengolahnya ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.