Sudah bukan rahasia bila capcay buatan sendiri tidak selezat di restoran. Berikut ini adalah beberapa rahasia sukses memasak capcay ala restoran.

Capcay adalah salah satu makanan yang populer di berbagai restoran Cina. Makanan yang satu ini terdiri dari berbagai macam sayuran beserta pelengkapnya dan dimasak dengan cara ditumis. Selain itu capcay juga sudah banyak dimodifikasi dan disesuaikan dengan selera orang Indonesia.

Meskipun membuat capcay sangat mudah karena proses dasarnya adalah sayuran tumis, namun kita semua tahu bila capcay buatan sendiri tidak selezat buatan restoran. Apa saja sebernarnya rahasia sukses memasak capcay?

1/ Sayuran Tidak Basah

Sayuran bila dimasak akan mengeluarkan air. Bila sayuran dalam keadaan basah setelah dicuci, kandungan air yang keluar ketika dimasak akan semakin banyak. Saat membuat capcay usahakan untuk meniriskan sayuran hingga benar-benar kering. Sehingga ketika dimasak air yang keluar dari sayuran tidak terlalu banyak. Bila terlalu banyak air yang keluar dari sayuran akan membuat rasa capcay hambar. Jika ingin membuat capcay berkuah, sebaiknya gunakan air kaldu agar lebih lezat.

2/ Jangan Lupa Saus Bumbu

Rahasia kelezatan capcay di restoran adalah dari penggunaan saus dan kecap. Ada banyak jenis saus bumbu yang biasanya digunakan untuk membuat capcay misalnya saus tiram, kecap inggris, saus tomat, kecap asin dan sebagainya. Saus yang banyak digunakan untuk membuat capcay adalah saus tiram, kecap inggris, dan kecap asin. Perpaduan bumbu dan saus ini akan membuat capcay lebih sedap seperti di restoran.

3/ Minyak Wijen agar Sedap

Selain berbagai jenis kecap dan saus, makanan Cina termasuk capcay tidak lengkap tanpa minyak wijen. Minyak wijen ini memberikan rasa gurih dan aroma sedap pada masakan. ENDEUSiast bisa menggunakan minyak wijen ketika capcay sudah akan dihidangkan. Hindari menggunakan minyak wijen untuk menumis karena aromanya akan hilang pada pemasakan dengan suhu tinggi.

4/ Gunakan Air Kaldu

ENDEUSiast memang bisa menggunakan air biasa untuk memasak capcay, namun air kaldu akan membuat capcay terasa lebih sedap. ENDEUSiast bisa menggunakan air kaldu dari daging sapi, ayam, ataupun kaldu sayuran. Penggunaan air kaldu akan memberikan rasa lezat dan gurih pada capcay secara alami meski tanpa menggunakan penyedap.

5/ Ayam dan Seafood Segar

Bahan utama capcay adalah sayuran, tapi beberapa orang menggunakan bahan pelengkap seperti ayam, seafood, bakso, dan sebagainya. Bahan pelengkap ini memberikan rasa gurih sekaligus sebagai tambahan protein. Agar rasa capcay tetap sedap, usahakan untuk memilih ayam atau seafood dalam keadaan segar sehingga capcay tidak berbau amis. Bila menggunakan telur, pastikan telur dalam keadaan bagus dan campurkan telur dalam capcay dengan api besar agar matang sempurna.

Kalau sudah tahu rahasianya, kini saatnya ENDEUSiast memasak capcay. Yuk intip resep Capcay ala Endeus di sini .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.