Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Selama ini masakan ENDEUSiast tidak seenak masakan restoran? Ingin tahu rahasia masakan lezat di restoran?

Masakan restoran atau warung memang terkenal lezat. Namun anehnya, masakan yang dibuat sendiri di rumah rasanya tidak bisa seenak masakan restoran atau warung. Sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan masakan restoran dengan masakan rumahan, hanya saja terkadang ENDEUSiast melupakan beberapa detail memasak sehingga rasa masakan menjadi tidak sedap. Berikut ini beberapa penyebab masakan rumahan menjadi tidak sedap.

1/ Gunakan bahan yang segar

Kualitas bahan menjadi kunci utama kelezatan suatu masakan. Bahan makanan yang tidak segar akan membuat masakan menjadi kurang lezat. Pilih bahan masakan yang benar-benar segar, bersih dan tidak rusak.

Hindari menggunakan bahan-bahan sisa yang ada dikulkas karena bisa saja makanan sudah berubah rasa. Selain bahan, peralatan masak juga perlu diperhatikan. Tidak harus menggunakan peralatan yang baru atau mahal, namun peralatan masak harus bersih.

2/ Baca resep dengan benar

Membaca resep adalah salah satu kunci kelezatan suatu masakan. Chef di restoran mungkin sudah tidak perlu melihat resep karena sudah hafal betul dengan masakan tersebut. Namun ENDEUSiast perlu membaca resep dengan teliti. Meskipun nantinya ENDEUSiast bebas untuk memodifikasi resep, namun sebaiknya pahami dulu resep dasar suatu masakan. Hal ini termasuk takaran bahan, cara memotong bahan, alat yang digunakan, dan juga lama memasak.

3/ Panaskan wajan sebelum menumis atau menggoreng

Kesalahan terbesar ketika memasak adalah tidak memanaskan wajan sebelum menggoreng atau menumis. Tidak memanaskan wajan sebelum menggoreng membuat hasil gorengan menjadi lebih berminyak dan kurang garing. Selain itu, tumisan juga bisa lengket di wajan bila wajan tidak dalam keadaan panas. Maka sebelum memasak, ENDEUSiast perlu memanaskan wajan sesuai dengan tingkat panas yang dibutuhkan dan jenis masakan yang akan dibuat.

4/ Takar bumbu dengan tepat

Bumbu dan rempah-rempah adalah salah satu bahan dasar suatu masakan. Misalnya masakan kare atau gulai yang menggunakan banyak rempah-rempah. Satu hal yang terpenting adalah takaran bumbu dan rempah-rempah yang tepat. Terlalu banyak atau terlalu sedikit akan mempengaruhi rasa masakan.

JIka ENDEUSiast menggunakan rempah-rempah kering, gunakan ½ kali lebih banyak daripada rempah-rempah segar. Usahakan untuk menumis bumbu hingga benar-benar matang sebelum memasukkan bahan yang lain agar tidak ada aroma mentah pada masakan.

5/ Tiriskan sayuran sebelum dimasak

Sayuran yang masih basah setelah dicuci akan mengeluarkan banyak air ketika dimasak. Hal ini akan mempengaruhi rasa masakan dan menyebabkannya jadi hambar. Selain itu, air sisa mencuci akan menyebabkan uap panas pada wajan dan menyebabkan tekstur serta warna sayuran menjadi rusak. Sehingga tampilan akhir dari masakan akan menjadi kurang cantik.

6/Gunakan garam laut

Garam laut dipercaya mempunyai rasa yang lebih gurih daripada garam meja biasa. Garam jenis ini banyak digunakan di restoran dan warung karena bisa membuat masakan lebih gurih meskipun tanpa menggunakan MSG. Selain itu, kandungan iodium garam laut juga lebih banyak dibanding dengan garam meja. Jadi, selain lebih lezat, penggunaan garam laut juga lebih sehat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.