Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

3 jenis telur balado populer dan tips bagaimana mengolah telur balado agar sukses disukai.

Telur merupakan makanan yang kaya akan kandungan kalsium dan protein yang tinggi. Telur banyak diolah menjadi beraneka ragam makanan dan camilan misalnya telur gulung , telur mata sapi dan telur balado. Telur balado pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Banyak rumah makan yang menjual masakan ini terutama rumah makan padang.

Secara singkat, Telur balado merupakan telur yang dilumuri dengan sambal balado. Telur balado memiliki cita rasa yang pedas, manis dan gurih. Dalam sajian sehari-hari, terdapat tiga jenis telur balado yang mudah dikenali. Seperti beberapa contohnya di bawah ini:

1. Telur Balado Padang

Telur balado padang merupakan hidangan khas yang berasal dari Padang. Cara membuat telur ini cukup mudah yaitu telur direbus terlebih dahulu selanjutnya masak dengan beberapa bumbu. Telur yang digunakan bisa menggunakan telur ayam atau telur puyuh. Telur-telur tersebut direbus sehingga bentuk asli telur tetap terlihat ketika dimasak balado.

2. Telur Balado Santan

Telur balado santan sebenarnya mirip dengan telur balado padang hanya saja ditambah santan dalam membuatnya. Penambahan santan pada hidangan ini membuat telur balado santan memiliki rasa pedas bercampur gurih. Telur balado santan cocok disantap dengan nasi atau nasi uduk apalagi jika ditambah taburan bawang goreng. Taburan bawang goreng membuat telur balado santan memiliki cita rasa gurih.

3. Telur Ceplok Balado

Bagi ENDEUSiast yang tidak menyukai telur rebus maka dalam membuat telur balado, telur bisa digoreng. Telur ceplok balado merupakan telur ceplok goreng yang diberi bumbu balado. Tentunya hidangan ini sangat lezat karena rasa pedas bercampur dengan rasa gurih dan jik dimakan kadang ada tekstur krispi dari telur ceplok.

Supaya hidangan telur balado padang, telur balado santan dan telur ceplok lebih nikmat maka ENDEUSiast bisa mengikuti pis-tips berikut ini.

Menghaluskan Bumbu dengan Blender

Untuk membuat telur balado tentunya dibutuhkan sambal balado. ENDEUSiast bisa menghaluskan berbagai bahan seperti cabai, bawang putih dan tomat menggunakan blender. Jika ENDEUSiast menggunakan blender maka tekstur sambal akan halus dan prosses pembuatan sambal juga lebih cepat jika dibandingkan ENDEUSiast harus menumbuk atau mengulek sendiri menggunakan tangan

Tuangkan Air dan Minyak Supaya Tidak Gosong

Untuk membuat sambal pasti hal yang pertama kita lakukan adalah menumis berbagai bahan. Sebelum memasukan berbagai bahan yang sudah dihaluskan, tuangkan minyak pada wajan secukupnya lalu tunggu minyak hingga matang. Hal tersebut dapat membuat aroma sambal lebih nikmat. Saat proses memasak bumbu, minyak yang dituang tadi pasti berkurang karena terserap oleh bahan. Oleh sebab itu tambahkan kembali minyak secukupnya agar tidak gosong. Jika ENDEUSiast menghindari penggunaan minyak yang berlebihan maka ENDEUSiast bisa menambah air.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.