Beberapa jenis kopi asli Indonesia sudah dikenal hingga tahap Internasional. Apa saja jenis kopi terbaik yang Indonesia miliki?

Salah satu alasan mengapa Belanda dan Jepang menjajah Indonesia adalah tanah yang dimiliki Indonesia subur. Beraneka jenis tanaman tumbuh di Indonesia, salah satunya kopi. Indonesia merupakan salah satu negara yang menghasilkan kopi terbaik di dunia dan merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia.

Setiap kopi yang dihasilkan dari berbagai daerah di Indonesia memiliki berbagai rasa dan karakter yang berbeda-beda. Kopi memiliki cita rasa yang unik seperti manis, pahit dan asam. Selain memiliki cita rasa yang berbeda-beda, penyajian kopi juga beraneka ragam sehingga dapat menyesuaikan selera seseorang.

Kopi memiliki kandungan kafein yang mampu menghilangkan rasa ngantuk dan membuat seseorang menjadi lebih bertenaga. Kopi mungkin salah satu pilihan yang tepat untuk menemani ENDEUSiast begadang saat malam tirakatan. Berikut ini jenis-jenis kopi terbaik dari Indonesia yang cocok menemani waktu luang ENDEUSiast.

1/ Kopi Arabika Toraja

Kopi arabika toraja memiliki rasa yang unik. Kopi ini mampu menembus pasar kopi di Jepang dan Amerika. Kopi arabika toraja memiliki tingkat keasaman yang rendah dan memiliki cita rasa earthy atau cita rasa seperti tanah atau hutan. Kopi arabika toraja tidak memiliki rasa after taste pahit. Rasa pahit hanya muncul di awal saat diminum.

2/ Kopi Arabika Gayo Sumatra

Kopi arabika gayo sumatra ini berasal dari Aceh. Kopi arabika gayo memiliki cita rasa yang pas dan cocok bagi orang yang tidak suka dengan rasa asam karena rasa asam dalam kopi ini sedikit. Masyarakat Aceh memiliki cara yang unik dalam menyajikan kopi arabika gayo. Kopi dimasukan kedalam panci kemudian direbus dengan air. Setelah mendidih, kopi dituang ke dalam gelas yang sudah diberi gula atau susu.

3/ Kopi Arabika Kintamani Bali

Kopi arabika kintamani ini memiliki cocok bagi anda yang menyukai rasa asam karena kopi ini didominasi oleh rasa asam citrus. Aroma wangi bunga dan kekentalan yang sedang pada kopi ini membuat banyak orang menyukai kopi ini.

4/ Kopi Arabika Java Ijen Raung

Kopi arabika java ijen raung berasal dari Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Kopi ini memiliki citarasa yang unik yaitu jika diminum akan terasa pedas. Aroma yang dimiliki oleh kopi tersebut aroma bunga hutan. Rasa asam pada kopi ini semakin melengkapi keunikan kopi arabika java ijen raung.

5/ Kopi Papua Wamena

Papua juga merupakan daerah penghasil kopi. Masyarakat Papua menanam kopi ini pada ketinggian 1200 m. Kopi papua wamena ditanam secara organik . Citarasa yang dimiliki kopi ini ringan namun memiliki aroma yang tajam. Tekstur yang dimiliki dari kopi ini lembut sehingga hampir tidak memiliki ampas.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.