Ragam Ayam Bakar dari Berbagai Daerah di Nusantara
Ragam Ayam Bakar dari Berbagai Daerah di Nusantara

Indonesia memiliki olahan ayam bakar yang beraneka ragam. Setiap olahan tersebut memiliki rasa yang unik.

Salah satu teknik memasak daging ayam yang cukup terkenal selain menggoreng adalah membakar. Setiap daerah memiliki adat budaya masing-masing termasuk makanan khas. Indonesia memiliki beraneka ragam ayam bakar dari berbagai daerah di nusantara.

1/ Ayam Bakar Padang

Jika ENDEUSiast menukai masakan Padang dengan bumbu-bumbu yang khas, ENDEUSiast wajib mencoba Ayam Bakar Padang. Ayam bakar ini dapat menjadi variasi ENDEUSiast jika ENDEUSiast sedang makan di warung makan padang dan jika sudah mulai bosan dengan rendang. Ayam Bakar Padang memiliki rasa yang berbeda dengan ayam bakar lainnya. Ayam bakar biasanya memiliki cita rasa yang manis, ayam bakar padang cenderung memiliki rasa yang gurih dan pedas.

2/Ayam Bakar Bumbu Rujak

Jika mendengar nama Ayam Bakar Bumbu Rujak mungkin yang terlintas di dalam pikiran ENDEUSiast pasti ayam bakar tersebut memiliki rasa yang sama seperti rujak. Hal tersebut tidaklah benar, karena Ayam Bakar Bumbu Rujak memiliki rasa yang sangat berbeda dengan rujak buah yang pernah ENDEUSiast makan. Bagi ENDEUSiast yang belum pernah mencoba makanan ini maka makanan ini akan sangat menggugah selera makan ENDEUSiast. Hidangan ayam yang satu ini dapat dengan mudah ENDEUSiast temukan di Jawa.

3/ Ayam Bakar Taliwang

Lombok tidak hanya menyuguhkan destinasi wisata yang menarik namun juga kulinernya. Jika sedang berkunjung ke Lombok, ENDEUSiast harus mencoba Ayam Taliwang. Ayam Bakar Taliwang memiliki ciri khas rasanya yang sangat pedas dan menggugah selera.

4/ Ayam Bakar Kalasan

Ayam Bakar Kalasan merupakan sajian khas Yogyakarta. Akan tetapi kalau ENDEUSiast ingin mencobanya ENDEUSiast bisa membeli di restoran-restoran ayam karena sudah banyak restoran selain di Yogyakarta yang menyediakan menu ini. Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan makanan dan minuman yang memiliki cita rasa asin sehingga rasa yang mendominasi dari Ayam Bakar Kalasan adalah manis.

5/ Ayam Bakar Wong Solo

Selain Yogyakarta, Solo juga terkenal dengan masakannya yang memiliki rasa manis. Oleh sebab itu Solo juga mempunyai hidangan khas ayam bakar yaitu Ayam Bakar Wong Solo. Meskipun memiliki rasa manis, masakan ini juga cocok dimakan bagi ENDEUSiast yang tidak menyukai makanan manis karena beberapa restoran sudah menyesuaikan bumbunya supaya ayam bakar tidak terlalu manis dan dapat dinikmati bagi yang kurang suka manis.

Nah, dari hidangan ayam bakar khas Nusantara di atas, mana yang sudah pernah ENDEUSiast coba?

Endeustorial

Ikuti Instagram