Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Infused water bisa dengan mudah dibuat. Tapi ada yang perlu diperhatikan dalam membuatnya.

Udah tau infused water? Salah satu minuman yang menyegarkan dengan mudah dibuat. Selain itu, minuman ini juga bisa menyehatkan tubuh loh.

Kita bisa membayangkan segarnya buah yang terlarut dalam air setelah direndam selama beberapa waktu. Membuat infused water untuk takjil buka puasa juga nggak terlalu sulit. Berikut ini beberapa tips untuk membuat infused water yang perlu diperhatikan.

1. Pilih buah berkualitas

Bahan utama infused water adalah buah-buahan. Ada banyak jenis buah-buahan yang bisa kita gunakan namun sebaiknya pilih buah yang bertekstur keras seperti lemon, semangka, melon, mentimun, apel, stroberi, dan sebagainya.

Hindari menggunakan buah yang bertekstur lembek karena akan banyak larut dalam air. Pilih buah yang berkualitas bagus agar manfaatnya semakin banyak untuk tubuh.

2. Cuci buah terlebih dahulu

Sebelum digunakan, pastikan buah-buahan sudah dicuci hingga bersih. Untuk buah yang akan digunakan bersama dengan kulitnya, kita bisa mencuci buah dengan menggunakan sabun yang terbukti bisa menghilangkan pestisida.

Hal ini membantu menghilangkan kandungan pestisida dan juga kotoran. Pestisida atau kotoran yang terbawa selama proses perendaman akan membuat rasa infused water menjadi pahit dan tidak segar.

3. Gunakan botol kaca

Sebenarnya bisa menggunakan botol apapun untuk membuat infused water. Namun pilihan yang paling baik adalah menggunakan botol kaca. Hal ini karena biasanya buah-buahan akan meninggalkan aroma khas pada wadah plastik dan membuat infused water menjadi beraroma kurang sedap. Namun bila menggunakan botol kaca, aroma buah akan hilang dengan proses pencucian yang baik.

4. Tambahkan herbal dan rempah

Selain buah-buahan, juga bisa menambahkan daun-daunan herbal dan juga rempah-rempah seperti daun mint, jahe, kunyit, kayu manis, dan sebagainya. Daun herbal dan rempah-rempah ini memberikan rasa yang berbeda pada infused water. Selain itu, daun herbal dan rempah juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

5. Boleh ditambahkan pemanis

Bila nggak suka rasa infused water yang tawar dengan aroma buah saja, bisa menambahkan pemanis. Namun pemanis yang digunakan sebaiknya nggak menggunakan gula. Kita bisa menggunakan kurma yang juga ikut direndam bersama dengan buah-buahan. Selain kurma, juga bisa menggunakan madu atau stevia yang ditambahkan ketika infused water hendak dikonsumsi.

6. Simpan dalam kulkas

Proses perendaman buah-buahan untuk infused water bisa bervariasi mulai dari 4 hingga 6 jam. Selama proses perendaman ini, infused water wajib disimpan di dalam kulkas.

Hal ini menjaga buah-buahan tetap berkualitas bagus dan tidak busuk. Bila tidak disimpan di dalam kulkas, dikhawatirkan buah-buahan akan terasa asam.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya