Meskipun banyak variasi kopi, namun kopi hitam tetap digemari banyak orang. Berikut ini perbedaan beberapa kopi hitam yang populer.

Keluarga kopi hitam seperti Long Black , Americano , dan kopi tubruk adalah varian kopi yang banyak digemari meski ada banyak varian kopi lain yang sama lezat. Kopi hitam sendiri adalah salah satu jenis kopi pertama yang mungkin ada di kehidupan ketika. Sajian kopi hitam ini adalah yang paling tradisional karena paling mudah dibuat. Di Indonesia kopi hitam dikenal sebagai kopi tubruk, namun di Negara lain terdapat dua jenis kopi hitam yaitu Long Black dan Americano . Meskipun sama-sama berwarna hitam dan tanpa tambahan susu atau krim, nyatanya tiga varian kopi hitam tersebut berbeda. Berikut ini beberapa perbedaan antara Long Black , Americano , dan si klasik kopi tubruk .

1/ Long Black

Long Black adalah minuman kopi khas dari Australia dan Selandia Baru. Kopi jenis ini terdiri dari espresso dan kopi hitam. Long Black disajikan dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu kemudian baru dicampurkan dengan espresso . Rasio air dan espresso bisa disesuaikan dengan selera misalnya 160 ml air bisa menggunakan 30 ml espresso . Salah satu ciri Long Black adalah krema pada permukaan kopi yang menandakan bila air panas dituang terlebih dahulu sebelum espresso . Sehingga krema mengambang di permukaan kopi dan menjadi ciri khas dari Long Black .

2/ Americano

Seperti namanya, Americano adalah salah satu jenis kopi yang berasal dari America. Meskipun di Amerika sendiri juga banyak yang menyajikan kopi Long Black, namun nyatanya Americano berbeda dengan kopi hitam yang lain. Perbedaan Long Black dan Americano terletak pada cara penyajiannya. Americano disajikan ketika espresso sudah siap dan kemudian ditambahkan air panas. Dengan cara ini, Americano tidak mempunyai krema karena air panas yang disiram pada espresso menyebabkan krema pecah. Perbedaan krema inilah yang membedakan Long Black dan Americano.

3/ Kopi Tubruk

Masih dari keluarga kopi hitam, Indonesia mempunyai varian kopi hitam populer yaitu kopi tubruk. Si klasik kopi tubruk ini masih dibuat dengan cara tradisional. Tidak ada aturan khusus dalam pembuatan kopi tubruk ini. Kalau ingin kopi yang kental takaran air bisa dikurangi, sedangkan untuk kopi yang encer takaran air bisa ditambah. Semuanya bisa dilakukan sesuai selera. Cara pembuatan kopi tubruk juga sangat tradisional yaitu dengan menambahkan air panas pada kopi yang sudah digiling. Beberapa orang mengaduk kopi tubruk dan mendiamkannya sebentar sehingga ampasnya larut dalam air. Kopi tubruk ini biasa dihidangkan dengan gorengan ataupun kue tradisional Indonesia.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.