Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Agar kue Lebaran tetap awet, simpan dan sajikan dengan cara ini.

Ketika Hari Raya Lebaran datang, menyajikan kue kering udah menjadi tradisi yang merupakan sajian wajib ada di setiap keluarga. Kue Lebaran adalah salah satu makanan yang selalu disajikan ketika hari raya.

Kue yang banyak disajikan ketika lebaran adalah nastar, kastengel, kue kacang , kue putri salju, dan sebagainya. Biasanya kue lebaran dibuat sebelum lebaran dalam jumlah yang banyak. Bila penyimpanan kurang baik, kue kering akan cepat melempem dan bahkan berjamur. Agar kue lebaran bisa tetap awet, berikut ini beberapa cara menyimpan dan menyajikan kue kering.

1. Dinginkan kue sebelum disimpan

Salah satu cara agar kue kering tetap awet renyah adalah dengan mendinginkan sebelum disimpan. Setelah keluar dari oven, jangan langsung masukkan kue ke dalam toples. Sebaiknya angin-anginkan kue di cooling rack hingga benar-benar dingin. Menyimpan kue yang masih panas akan menyebabkan uap terperangkap dalam toples. Hal ini akan menyebabkan kue menjadi lembab, mudah berjamur, dan juga mudah tidak renyah.

2. Simpan dalam wadah kedap udara

Setelah kue benar-benar dingin, simpan kue kering dalam wadah kedap udara. Pada dasarnya kue kering adalah makanan yang awet bila disimpan dengan benar. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan toples kedap udara.

Dengan menggunakan toples ini, kue kering akan lebih awet renyah dan nikmat dimakan saat Lebaran. Selain itu, usahakan untuk selalu menutup kembali toples dengan rapat bila sudah dibuka.

3. Dahulukan kue dengan icing

Kue kering dengan icing adalah salah satu favorit ketika Lebaran. Kue jenis ini adalah kue yang dihias dengan gula icing berwarna ataupun cokelat dengan berbagai bentuk. Dibanding dengan kue jenis lain, kue dengan icing ini lebih mudah meleleh atau mencair.

Bila sudah mencair, tampilan kue tidak akan cantik lagi. Agar kue icing tidak rusak, sebaiknya jenis kue ini disajikan terlebih dahulu. Bila kue dengan icing sudah habis, baru sajikan kue kering jenis yang lain.

4. Hindari mencampur berbagai jenis kue dalam satu toples

Mencampur beberapa jenis kue kering dalam satu toples yang sama adalah hal yang harus dihindari. Toples kue kering akan terlihat tidak menarik bila terdiri dari berbagai jenis dalam wadah yang sama.

Hal ini karena aroma dan rasa dari kue kering akan tercampur dan membuat rasanya kurang sedap. Selain itu, kue kering juga menjadi cepat rusak karena setiap kue kering mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

5. Pastikan kebersihan toples

Sebelum digunakan untuk menyimpan kue kering, pastikan bila toples dalam keadaan bersih dan kering. Dengan begitu kue kering tidak akan terpengaruh dengan bau yang mungkin ada pada toples.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya