Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Roti yang menarik adalah yang memiliki aroma harum dan juga permukaannya yang mengkilat.

Ketika kita berkunjung ke toko roti pasti merasa terkesan. Aroma roti yang khas yang baru keluar dari oven tercium harum sesaat setelah kita membuka pintu toko roti. Deretan beraneka ragam roti dengan permukaan cokelat mengkilap yang ditata dengan rapi sehingga terlihat cantik dan menarik, seolah meminta untuk dibawa pulang.

Siapa yang tidak terkesan setiap kali berkunjung ke toko roti? Jejeran roti dengan permukaan kecokelatan mengkilat yang ditata cantik itu sangat menggoda.

Sebenarnya gimana sih cara membuat permukaan roti agar terlihat mengkilat? Pasti penasaran kan. Nah, daripada berlama-lama mari kita melihat daftar bahan-bahan sederhana yang bisa membuat roti terlihat mengkilat.

1. Mentega atau margarin cair

Mentega dan margarin cair sama-sama memiliki aroma khas ketika dicampurkan ke dalam adonan kue. Selain memiliki aroma yang harum, kedua bahan tersebut juga bisa dijadikan sebagai bahan olesan agar permukaan roti terlihat mengkilat.

Cukup lelehkan mentega atau margarin, lalu oleskan secara merata pada permukaan roti dalam kondisi masih setengah dipanggang. Setelah itu lanjutkan memanggang hingga benar-benar matang.

2. Madu

Jika menurutmu mentega dan margarin kurang bisa menghasilkan permukaan roti yang mengkilat maka cobalah menggunakan madu. Namun, madu tidak dioleskan sebelum adonan dimasukkan ke dalam oven melainkan setelah roti keluar dari oven.

Sebelum dioleskan, panaskan madu terlebih dahulu di dalam microwave sekitar 20 detik. Tujuannya adalah agar tekstur dari madu tidak terlalu pekat untuk bahan olesan roti. Setelah permukaan roti dioleskan madu maka tampilannya akan terlihat mengkilat dengan citarasa manis khas madu dan teksturnya yang lembut.

3. Telur

Di dunia baking , telur memiliki peranan yang cukup banyak. Salah satunya adalah untuk mengkilatkan permukaan roti. Kita bisa menggunakan bagian kuning telur. Hasil akhirnya akan tetap membuat permukaan roti mengkilat dan terasa lembut.

Terlebih bila kita hanya menggunakan bagian kuning telurnya saja maka permukaan roti akan terlihat lebih mengkilat dengan warna kuning kecokelatan. Namun, bila kamu tidak terlalu suka rasa telur di roti maka bisa mencampurkan air dingin lalu oleskan di permukaan roti.

4. Minyak Zaitun

Bahan-bahan di atas lebih sering digunakan untuk jenis roti sobek. Nah untuk minyak zaitun lebih banyak dipilih untuk membuat mengkilat adonan pizza atau roti pita khas India.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun murni (virgin olive oil) di permukaan adonan roti tersebut sebelum dipanggang. Aroma minyak zaitun bisa menambah selera ketika menyantapnya.

Wah, jadi nggak sabar ya ingin segera buat roti. Kamu bisa mengikuti resep roti jagung keju lumer sebagai inspirasi memasak. Selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya