Biasanya anak-anak tidak menyukai ikan dan olahannya untuk bekal. Namun olahan ikan berikut ini pasti disukai anak-anak.

Ikan adalah salah satu bahan makanan yang mengandung gizi yang tinggi. Tidak heran bila di Indonesia sedang gencar kampanye untuk makan ikan. Meskipun ikan mengandung gizi yang tinggi,

Namun biasanya anak-anak tidak menyukai ikan dan olahannya terutama untuk bekal liburan. Duri pada ikan dan juga aromanya yang amis membuat makanan yang satu ini kurang disukai. Berikut ini beberapa olahan ikan yang pasti akan digemari anak karena rasanya yang lezat.

1/ Martabak Ikan Tuna

Hampir semua orang Indonesia menyukai martabak. Makanan yang satu ini memang menjadi idola banyak orang. Umumnya martabak menggunakan daging sapi, namun ENDEUSiast bisa berkreasi dengan isian martabak dan menggantinya dengan ikan.

Ikan yang bisa digunakan untuk martabak adalah ikan tuna atau ikan dengan daging yang padat. ENDEUSiast bisa menggunakan ikan tuna segar yang dikukus kemudian disuwir ataupun menggunakan ikan tuna kaleng yang lebih praktis. Padukan isian martabak dengan telur, irisan wortel, dan daun bawang agar martabak semakin lezat.

2/ Pancake Ikan Tuna

Salah satu makanan yang bisa dikreasikan dengan ikan adalah pancake ikan tuna. Pancake ikan tuna ini biasa ditemui pada kuliner Korea Selatan. Makanan ini terbuat dari tuna kaleng yang dicampur dengan tepung, telur, dan juga bumbu-bumbu.

Kemudian pancake digoreng diatas wajan datar hingga matang. Pancake ini biasanya disajian untuk lauk bekal karena mudah dibuat dan tahan lama.

3/ Bakso Ikan Goreng

Salah satu olahan ikan yang populer adalah bakso ikan. Namun alih-alih dibuat layaknya bakso kuah, bakso ikan ini kemudian digoreng hingga teksturnya garing. Agar bakso menjadi lebih krispi, ENDEUSiast bisa melapisi bakso dengan tepung roti sebelum digoreng. Cara membuat bakso ikan goreng ini sama dengan membuat bakso pada umumnya hanya saja lebih baik menggunakan fillet ikan putih sehingga warna bakso tetap putih.

4/ Burger Ikan

Anak kecil pasti menyukai burger. Biasanya makanan ini menggunakan isian daging sapi atau ayam, namun ENDEUSiast juga bisa mengganti isinya dengan ikan. Cara membuat isian ikan atau patty ikan ini adalah dengan mencincang daging ikan dan beri bumbu-bumbu, kemudian bentuk seperti patty pada umumnya dan panggang hingga matang. Selanjutnya susun patty ikan seperti burger pada umumnya.

5/ Ikan Goreng Krispi

Salah satu olahan ikan yang paling simpel dan pastinya disukai anak-anak adalah ikan goreng krispi. Agar mudah ketika dimakan, ENDEUSiast bisa menggunakan fillet ikan yang tanpa duri. ENDEUSiast bisa membuat ikan goreng krispi ini seperti ikan dalam fish and chips.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.