Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Gula dan kopi adalah pasangan serasi, tapi ada pilihan yang lebih sehat.

Sebagian besar orang mengkonsumsi kopi dengan gula untuk menetralisir rasa kopi yang pahit. Gula memang membuat rasa pahit kopi menjadi lebih lembut dan bisa dinikmati oleh siapa saja. Rasa manis pada gula memberikan perasaan bahagia namun konsumsi gula berlebih tidak bagus untuk kesehatan karena bisa memicu diabetes. Selain ditambah gula, ternyata ada beberapa alternatif yang bisa ditambahkan pada sajian kopi.

1/ Kurma

Kurma adalah salah satu makanan dengan rasa manis yang alami. Biasanya kurma dimakan ketika buka puasa. Meskipun rasanya manis, kurma ini berbeda dengan gula dan juga kurma mengandung nutrisi yang baik. Ada banyak nutrisi baik dalam kurma seperti magnesium, vitamin B kompleks, potassium, dan sebagainya. Karena rasa manisnya alami, ENDEUSiast bisa menambahkan kurma kedalam kopi agar rasanya semakin legit dan menambah kenikmatan kopi.

2/ Madu

Madu adalah salah satu makanan yang sudah umum ditambahkan pada kopi, teh, ataupun minuman lain. Madu mempunyai rasa yang manis dan asam yang berbeda dengan gula. Selain itu, madu juga mengandung nutrisi yang baik seperti fosfor, kalium dan natrium yang bisa membuat tubuh semakin sehat. Madu ini bisa menjadi salah satu alternatif sehat pengganti gula yang banyak digunakan.

3/ Susu

Paduan kopi dan susu adalah kombinasi klasik. Penambahan susu membuat rasa kopi menjadi lebih lembut dan tidak terlalu pahit. Susu yang gurih akan melebur dengan rasa kopi yang pahit. Selain itu, kandungan nutrisi pada susu juga tidak akan hilang ketika dicampur dengan kopi. Agar lebih nikmat, ENDEUSiast bisa menggunakan rasio yang tepat sehingga rasa kopi susu menjadi semakin nikmat.

4/ Kayu Manis

Kombinasi kayu manis dan kopi memang bukan suatu hal yang umum di Indonesia. Namun kopi kayu manis ini sudah biasa dikonsumsi di Meksiko. Kayu manis mempunyai rasa manis yang alami dan bermanfaat bagi kesehatan seperti mengurangi resiko penyakit diabetes, mengontrol gula darah, dan sebagainya. Selain rasa manis yang alami, kayu manis juga mempunyai aroma yang khas sehingga cocok untuk teman minum kopi di sore hari.

5/ Cokelat

Kombinasi kopi dan cokelat sudah lama digunakan di berbagai negara. Campuran kopi dengan cokelat ini biasanya disebut dengan moka atau mochacino. Cokelat mempunyai aroma yang manis dan bisa melembutkan rasa kopi yang pahit. Selain itu, cokelat juga mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Kalau ENDEUSiast tidak suka dengan kopi yang pahit, ENDEUSiast bisa mencampurnya dengan cokelat agar rasanya lebih lembut dan manis.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.