Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Tips puasa sehat adalah dengan menghindari beberapa makanan ketika sahur agar perut tidak terasa kembung.

Menyantap makanan saat sahur harus kaya dengan nutrisi untuk bisa menjaga energi selama puasa seharian. Makanan bernutrisi di antaranya adalah yang mengandung serat, air, mineral dan vitamin. Namun, perlu diketahui bahwa nggak semua makanan baik dikonsumsi untuk sahur.

Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis makanan yang justru dapat membuat perut kembung. Seperti misal sayuran brokoli yang memiliki zat antioksidan yang dapat membuat perut begah dan serasa nggak nyaman. Apalagi bila kita yang punya riwayat gangguan pencernaan. Nggak mau puasa terganggu hanya salah dalam mengonsumsi makanan kan?

Untuk menghindarinya, kita perlu tau beberapa makanan yang nggak disarankan dikonsumsi berlebihan saat sahur. Kira-kira apa saja itu? Mari kita simak daftar selengkapnya di bawah ini.

1. Brokoli dan kembang kol

Semua sayuran tentu memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi nggak semua jenis sayuran baik untuk dikonsumsi secara berlebihan terutama pada saat sahur, salah satunya adalah brokoli dan kembang kol seperti yang telah disebutkan di atas.

Sayuran ini memang memiliki kandungan vitamin C dan serat yang tinggi. Namun, bila kita konsumsi pada saat sahur justru akan membuat perut kembung. Hal ini dikarenakan adanya kandungan gas yang bersumber dari fructan dan raffinose pada kedua sayuran tersebut. Selain menyebabkan perut kembung, juga dapat membuat kita bersendawa dengan aroma kuat dan tajam.

2. Buah pir dan apel

Pir dan apel memiliki rasa yang manis, tekstur yang renyah dengan kandungan air yang banyak. Memang dianjurkan untuk makan buah ini terutama pada saat sarapan agar tubuh mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Keunggulan lainnya dari kedua buah ini adalah kaya akan vitamin, mineral dan serat larut. Namun, kita juga harus berhati-hati bila ketika sahur hendak memakan buah ini. Mengonsumsi buah pir maupun apel pada saat sahur justru akan membuat perut kita terasa penuh. Apalagi bila kita punya punya perut yang sensitif. Mungkin bisa tetap mengonsumsinya, tetapi hanya dalam porsi sedikit aja ya.

3. Jagung

Jagung merupakan salah satu jenis makanan karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Jagung enak dikonsumsi dengan cara dikukus maupun dijadikan sebagai olahan makanan seperti sup jagung telur .

Selain karbohidrat, jagung juga kaya akan serat dengan rasanya yang manis. Namun, meski kaya akan serat, jagung menjadi jenis makanan yang mengandung karbohidrat tidak mudah dicerna tubuh.

Bila ingin mengonsumsinya pada saat sahur dikhawatirkan dapat mendorong fermentasi bakteri sehingga membentuk perangkap udara di dalam perut sehingga dapat menyebabkan rasa kembung dan begah.

4. Susu

Selanjutnya adalah produk susu. Produk yang satu ini kaya akan susu tetapi bagi beberapa orang yang punya perut sensitif justru akan merasa kembung setelah mengonsumsi produk susu. Jadi, sebaiknya susu juga dihindari ketika sahur ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya